Tuesday, February 2, 2016

Cara Mudah Membuat Garnish dari Mentimun

Cara membuat aneka macam bentuk garnish dari timun. Bicara tentang makanan, mungkin yang paling penting bagi kita adalah soal rasa. Namun perlu anda ketahui sebenarnya hiasan dari makanan yang akan kita konsumsi juga penting. Hiasan makanan atau yang biasa di sebut dengan garnish ini bertujuan untuk mempercantik tampilan makanan yang akan di hidangkan atau untuk menambah gairah orang yang melihatnya sehingga ingin memakannya.

Bagi anda atau ibu-ibu dirumah mungkin mengalami saat suami atau anak anda kurang nafsu makan, mungkin dengan menghiasi menu makanan anda akan bisa menambah gairah makan mereka.

Sudahkah anda mencoba untuk menghias makanan anda dirumah? Kalau belum anda perlu coba bun, sapa tau suami akan bisa tambah sayang sama bunda. Hahaha dengan memberi hiasan makanan ini mungkin masakan anda akan bisa seperti di restoran bintan lima yang selalu mengutamakan penampilan menu makanannya.

Kalau anda bisa membuat hiasan makanan dirumah, ini akan membuat sensasi makan malam anda seperti di restoran bintang lima. Langsung saja ya bun gak usah lama-lama saya akan bagikan beberapa bentuk varian garnish dari mentimun.

Pertama-tama kita persiapkan alat dan bahannya, untuk membuat garnish ini alat yang di gunakan cukup mudah kok bun, kita Cuma persiapkan pisau ukuran kecil dan tajam yang akan kita pakai untuk membuat ukiran. Karena kita mau membuat garnish mentimun sudah pasti kita harus siapkan mentimunnya donk,,.siapkan mentimun hijau ukuran sedang ya bun.

Setelah anda siapkan bahan dan alat tersebut, langsung praktek yuk bun. Ambil mentimun hijau yang sudah bunda persiapkan tadi, kemudian potong pada ujungnya.


Setelah itu potong lagi kira-kira panjangnya 4 cm.


Setelah anda potong sepanjang 4 cm, potong lagi di bagian tengahnya dengan cara zig zag sampai terbelah menjadi dua bagian.


Jika mentimun yang anda potong dengan cara zig zag tersebut sudah terbelah menjadi dua bersihkan biji mentimun yang ada di dalamnya.



setelah anda bersihkan maka akan menjadi seperti mahkota raja, seperti gambar berikut ini.

Anda juga bisa membuat garnish mentimun dalam bentuk yang lainnya. Pertama-tama potong mentimun kurang lebih 4 sampai 6 cm.


Belah mentimun tadi menjadi dua bagian.


Potong miring di antara kedua ujung kanan dan kiri.


Di tengah bagian yang anda potong tadi di iris tipis-tipis, namun jangan sampai terputus.


Setelah anda selesai mengiris tipis-tipis dari ujung ke ujung maka selanjutnya adalah melipat bagian yang anda iris tadi. Sehingga akan menjadi bentuk seperti di bawah ini.



Setelah jadi maka seperti ini.

Adapula bentuk garnish mentimun yang lain yang bisa anda coba. Pertama potong mentimun kurang lebih panjangnya 2 cm.


Kupas kulit mentimun yang sudah anda potong tadi secara memutar menjadi setengah lingkaran dari ujung pertama sampai tengah, kemudian kupas dari ujung yang kedua juga sampai tengah, namun perlu di ingat usahakan kulit mentimun tadi tidak putus.


Setelah anda mengupas dari ujung ke ujung, yang perlu anda lakukan berikutnya adalah mengukir bagian dalam dari mentimun tersebut. 

setelah jadi akan berbentuk seperti gambar berikut ini.


demikian cara membuat garnish dari mentimun yang dapat saya bagikan, semoga sedikit ilmu tadi dapat membantu anda yang ingin membuat menu kejutan buat orang yang anda sayangi. apabila kurang jelas anda dapat melihat video dibawah ini.




Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive