Sunday, February 7, 2016

Cara Memasak Bunga Pepaya Super Lezat dan Tidak Pahit

Resep cara memasak tumis bunga pepaya agar tidak pahit akan saya bagikan pada kesempatan ini. Bagi masyarakat perkotaan mungkin merasa aneh apabila bunga pepaya ini bisa di jadikan sebagai salah satu menu makanan yang cukup di gemari oleh sebagian masyarakat pedesaan.

Pepaya mempunyai bunga dengan bentuk seperti terompet kecil dengan warnanya kuning namun terkesan hampir putih. Pada umumnya bunga atau daun pepaya memiliki rasa sedikit pahit apabila anda masak. Namun anda tidak perlu khawatir karena rasa pahit itu bisa di hilangkan.

Bagi anda yang tidak begitu suka dengan rasa yang sedikit pahit nanti saya akan bagikan cara menghilangkan rasa pahitnya. Namun perlu anda ketahui sebenarnya rasa pahit ini ada manfaatnya bagi kesehatan kita. Rasa pahit yang ada di dalam bunga dan daun pepaya terjadi karena adanya kandungan zat alkaloid carpin. Setelah di lakukan penelitian zat ini juga dapat di gunakan untuk menyembuhkan penyakit jantung.

Para ahli gizi juga telah meneliti lebih lanjut tentang kandungan yang ada di dalam bunga pepaya ini yaitu adanya tanin, steroid, flavanoid, triterpenoid, serat alami dan juga karbohidrat. Berdasarkan uji klinis senyawa yang terkandung di dalam bunga pepaya ini efektif untuk mencegah radikal bebas dan juga dapat membersihkan darah. Konon katanya bunga pepaya ini juga baik untuk kebutuhan gizi pada ibu yang sedang hamil.

Nah setelah tau makna dari pahitnya bunga pepaya ini masihkah anda berfikir untuk menghilangkan rasa pahitnya?? Oke deh kalau memang anda tidak suka dengan rasa pahitnya saya akan bagikan cara menghilangkannya, toh misalkan rasa pahitnya hilang manfaat dari bunga pepaya ini tidak akan hilang semuanya.


Cara menghilangkan rasa pahitnya bunga pepaya cukup mudah kok, salah satu cara yang simple adalah anda tinggal merebusnya dengan air asam jawa sampai empuk. Ada juga cara yang lainnya dengan merebus bunga pepaya dengan mencampur daun jambu air. Nah itulah tips mudah menghilangkan rasa pahit bunga pepaya. Sekarang saya akan bagikan tips memasak tumis bunga pepaya super nikmat yang bisa anda praktekkan dirumah.

Sebelumnya siapkan bahan-bahannya ya:

·         100 gram bunga pepaya yang masih segar.
·         dua lbr daun salam
·         dua lbr daun jeruk wangi
·         lengkuas 2 cm di keprok
·         garam setengah sdt.
·         Merica bubuk ¼ sdt
·         100 mili air bersih
·         Asam jawa satu sdm
·         Air untuk merebus secukupnya
·         Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Bumbu yang harus anda ulek halus sebelum memulai tumisan

·         Cabe merah ukuran besar 2 buah
·         Cabe rawit 10 buah, apabila anda favorit pedas bisa anda tambah lagi.
·         Kemiri dua butir
·         Bawang putih dua siung
·         Bawang merah tiga siung

Proses memasaknya :

Pertama yang anda lakukan apabila tidak suka dengan rasa pahit bunga pepaya ini anda perlu merebusnya terlebih dahulu dengan air asam jawa sampai lunak, setelah itu angkat kemudian tiriskan.

Sekarang memulai tumis bumbu yang sudah anda ulek halus di atas, masukkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan, setelah itu masukkan bumbu halus dan aduk sampai bau sedapnya muncul, lalu masukkan air bersih 100 mili. Masukkan juga bumbu pelengkapnya yaitu daun jeruk wangi, daun salam dan lengkuas.

Setelah mendidih anda masukkan bunga pepaya tersebut, tambahkan garam dan merica bubuk juga. Aduk pelan-pelan sampai air menyusut. Setelah menyusut matikan kompor dan proses memasak bunga pepaya ini sudah siap di sajikan.

Bagi anda yang ingin menambah varian menu bunga pepaya ini anda bisa memasaknya dengan mencampur ikan teri. Maka akan menjadi resep bunga pepaya teri medan. Proses memasaknya pun gampang kok, untuk itu saya akan bagikan juga resep ini untuk anda.


Bahan-bahan :

·         Bunga pepaya sebanyak 75 gram.
·         Daun pepaya dua lembar (ambil yang sekiranya tidak terlalu tua dan terlalu muda).
·         Teri medan 15 gram.
·         Daun jeruk wangi 2 lembar.
·         Gula pasir ½ sdt
·         Garam ¼ sdt
·         Minyak goreng secukupnya.
·         Asam jawa 1 sendok makan.
·         Air secukupnya untuk merebus bunga dan daun pepaya.

Bumbu yang harus anda ulek/tumbuk halus :

·         Satu siung bawang putih
·         Tiga siung bawang merah
·         Tiga buah cabe merah
·         Lima buah cabe rawit atau anda bisa menambah atau menguranginya tergantung selera pedas anda.

Proses memasak tumis bunga pepaya teri medan :

Pertama-tama cuci bersih bunga dan daun pepaya, kemudian rebus dengan air asam jawa agar rasa pahitnya hilang. Masukkan daun pepaya terlebih dahulu setelah air mendidih selama kurang lebih 5 menit, kemudian di susul dengan memasukkan bunga pepaya, rebus sampai daun dan bunga pepaya menjadi empuk, setelah itu tiriskan.

Sambil menunggu agar daun dan bunga pepaya dingin, anda bisa membuat bumbu ulek yang tercantum di atas. Setelah daun dan bunga pepaya dingin iris kecil-kecil agar mudah saat proses menumisnya.

Ambil ikan teri lalu goreng kering, Kemudian sisihkan dulu. Langkah selanjutnya panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu yang telah anda haluskan tadi. Masukkan juga daun jeruk wangi, tumis sampai bau sedapnya timbul. Masukkan teri, daun dan bunga pepaya ke dalam tumisan bumbu tadi, tuang sedikit air. Lalu masukkan garam dan gula pasir. Aduk rata sampai air menyusut, angakat dan tumis teri bunga pepaya ini siap di hidangkan.

Demikian cara memasak bunga pepaya ini, semoga dapat membantu anda dan selamat menikmati lezatnya bunga pepaya. Good luck.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive