Monday, March 14, 2016

Manfaat Okra untuk Obat Diabetes

 Manfaat tanaman okra bagi kesehatan-tanaman okra dahulunya berasal dari benua afrika, namun pada saat ini kita sudah dapat menemukannya di sejumlah negara yang lainnya yaitu Jepang, Srilanka, Philiphina, Saudi Arabia, bahkan hingga kenegara-negara dibenua Amerika dan Eropa. Sedangkan jika di indonesia tanaman okra belum begi di kenal oleh masyarakat.

Okra yang dikenal dalam bahasa latin  Abelmoschus Esculentus,  termasuk tanaman genus Hibiscus dari famili Malvaceae ( kapas-kapasan). Tanaman ini popular dengan istilah Lady's Finger karena bentuk buahnya yang panjang dan meruncing di bagian ujungnya, seperti jari-jari lentik gemulai seorang wanita cantik.


Warna hijau pada tanaman  okra, di sebabkan adanya pigmen klorofil. Klorofil memiliki sejuta manfaat karena bersifat antiradang, antimutagenik, antikanker, dan antioksidan. Sebagian antimutagenik dan antikanker, klorofil dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon.
Sebagai antioksidan, klorofil dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah ( aterosklerosis) dapat dicegah. Klorofil juga dapat menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

Tanaman okra kaya akan kandungan protein nabati dan juga kaya aklan kandungan serat. Tanaman ini juga mengandung minyak yang baik bagi kesehatan yaitu asam lemak tak jenuh. Kandungan minyak yang di hasilkan dari tanaman ini sampai dengan 40%. Jenis minyak tak jenuh yang di hasilkan dari tanaman okra seperti asam oleat dan asam lenoleat yang mana kedua asam lemak ini sangat di butuhkan oleh tubuh kita.

Selain asam lemak tersebut tanaman ini mempunyai kandungan lainnya yang cukup banyak. Untuk lebih lengkapnya perhatikan tabel kandungan gizi tanaman okra berikut ini :

Item
Nilai gizi
% RDA
Energi
1.5%
31 kcal
Karbohidrat
7.03 g
5.4%
Protein
2.0 g
4%
Lemak
0.1 g
0.5%
Kolesterol
0 mg
0%
Serat
3.2 g
9%
Folat
88 µg
22%
Niacin
1.000 mg
6%
Asam Pantotenat
0.245 mg
5%
Pyridoxin
0.215 mg
16.4%
Riboflavin
0.060 mg
4.5%
Thiamin
0.200 mg
17%
Vitamin A
375 IU
12.5%
Vitamin C
21.1 mg
36%
Vitamin E
0.35 mg
2.5%
Vitamin K
53 µg
44%
Sodium
8 mg
0.5%
Potasium
303 mg
6%
Kalsium
81 mg
8%
Tembaga
0.094 mg
10%
Besi
0.80 mg
10%
Magnesium
57 mg
14%
Mangaan
0.990 mg
43%
Fosfor
63 mg
9%
Selenium
0.7 µg
1%
Seng
0.60 mg
5.5%
Karoten-β
225 µg
Crypto-xanthinn-β
0 µg
Lutein zeaxanthin
516 µ

Dengan begitu banyaknya kandungan tanaman okra ini di simpulkan beberapa manfaat tanaman okra ini adalah sebagai berikut :

1. Baik untuk Program Diet

Tanaman okra merupakan salah satu tanaman yang rendah akan kandungan kalorinya. Di dalam 100 gram tanaman ini hanya mengandung 30 kalori. Tanaman ini juga di ketahui tidak mengandung lemak jenuh atau yang kita kenal dengan kolesterol jahat. Namun kelebihan dari tanaman ini adalah kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan proggram diet.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tanaman ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan serat sehingga membuat sistem pencernaan anda lebih sehat. Lendir yang ada pada tanaman ini berguna untuk membantu dalam peristaltik kelancaran makanan yang dicerna melalui usus sehingga dapat membantu meredakan atau mencegah kondisi sembelit. Dengan mengkonsumsi tanaman ini anda akan terhindar dari masalah sembelit yang sangat menyiksa.

3. Menyehatkan Paru-Paru

Tanaman ini mengandung  senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, senyawa itu adalah  beta-karoten, xanthin dan lutein yang dapat membantu melindungi paru-paru agar tetap sehat. Nah jadikanlah tanaman okra sebagai sayur pada menu makan anda agar anda mempunyai paru-paru yang sehat.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Sudah sangat akrap di telinga kita mendengar bahwa manfaat dari vitamin A adalah untuk menyehatkan mata. Biasanya kita mendapatkan asupan vitamin A ini dari wortel, namun ternyata tanaman okra juga mengandung vitamin A, sehingga anda tidak harus mengkonsumsi wortel untuk mendapatkan asupan vitamin A ini.

5. Mencegah Kanker Rongga Mulut

Tanamn ini mengandung antioksidan alami yang di percaya dapat mencegah tumbuhnya kanker pada rongga mulut. Semua senyawa untuk mencegah sel-sel kanker ada di dalam tanaman ini, jadi apabila anda rutin mengkonsumsi okra maka anda akan lebih mungkin terhindar dari kanker.

6. Menurunkan Resiko Cacat Pada Janin

Di dalam tanaman okra segar mengandung cukup banyak folat yang sangat baik bagi tubuh kita. Kandungan folat dari 100 gram okra sampai dengan 22% RDA. Apabila seorang wanita hamil mengkonsumsi tanaman ini maka akan sangat baik bagi perkembangan janinnya dan juga resiko cacat saat lahir akan lebih bisa di hindari.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi tanaman ini secara otomatis akan meningkatkan kekebalan tubuh anda. Karena di dalam tanaman ini mengandung sekitar 36% vitamin C yang di butuhkan tubuh kita setiap harinya. Dengan demikian tubuh kita akan terhindar dari radikal bebas yang sangat berbahaya.
Selain itu, manfaat zat besi dalam okra juga dapat membantu mengatur molekul hemoglobin. Sel-sel darah merah bertanggung jawab dalam pendistribusian oksigen dari paru-paru ke ke seluruh tubuh. Zat besi juga berperan dalam proses metabolisme energi, termasuk sintesis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam sistem kekebalan tubuh.

8. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kesehatan tulang dan gigi dapat terjaga apabila asupan vitamin K dan Kalsium harian anda tercukupi. Nah dengan mengkonsumsi tanaman okra ini kebutuhan akan kalsium dan vitamin K bisa anda cukupi, sehingga anda akan mempunyai tulang dan gigi yang kuat dan juga terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

9. Menjaga keseimbangan tubuh

Tanaman Okra juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks seperti niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat. Seperti kita ketahui bahwa vitamin B kompleks sangat diperlukan hampir dalam semua fungsi tubuh manusia.
Kinerja vitamin B kompleks saling berkaitan erat satu sama lain. Kekurangan salah satu dari jenis vitamin B kompleks bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh seperti sistem saraf yang kurang sehat, pencernakan yang buruk, kekurangan energi, serta kadar kolesterol yang tinggi. Untuk itu, pastikanlah untuk mencukupkan vitamin B komplek dalam setiap makanan yang anda konsumsi.

10. Membantu metabolisme energi

Kandungan mangan dan magnesium yang ada pada tanaman ini berperan sebagai co-faktor berbagai jenis enzim dalam tubuh. Magensium bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi di dalam tubuh, sedang mangan berfungsi dalam sintesis ureum, pembentukan jaringan ikat dan tulang, serta mencegah peroksidasi lemak oleh radikal bebas. Kedua senyawa ini sangat penting dalam proses pengontrolan metabolisme energi dalam tubuh.

11. mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan serat dan manfaat antioksidan seperti katekin, epicatehin, procyanidin, quercetin, dan rutin pada ora dipercaya mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

12. Menurunkan Kolesterol

Dengan adanya kandungan lemak baik di dalam okra ini maka otomatis akan menekan lemak jenuh yang ada pada tubuh anda, sehingga lama kelamaan lemak jenuh dalam tubuh anda akan semakin berkurang.

13. Mencegah Diabetes

Dalam sebuah penelitian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa tanaman okra dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa, sehingga mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Para peneliti mempunyai kesimpulan bahwa okra merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi diabetes. Selain itu, Okra memiliki indeks glikemik rendah, sehingga menjadikannya sebagai pilihan yang baik bagi penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik rendah yaitu sekitar 20.

Namun para ahli kesehatan menganjurkan untuk menghindari konsumsi okra bersamaan dengan konsumsi metforin pada penderita diabetes. Karena hal tersebut justru akan menambah kadar gula darah pada si penderita diabetes.

Saran Penyajian Okra
Dari beberapa petani tanaman okra ini mungkin telah menggunakan semprotan insektisida atau pestisida. Oleh karena itu, sebelum anda mengkonsumsi atau mengolah tanaman okra menjadi sebuah makanan, sebaiknya cuci okra terlebih dahulu secara menyeluruh dengan air yang cukup banyak dan berulang-ulang. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, tanah dan insektisida residual yang menempel pada okra. Potong ujung batang atas dengan menggunakan pisau. Kemudian potong atau iris sesuai selera.

Demikian beberapa manfaat okra bagi kesehatan kita. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi anda semua.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive