Wednesday, March 16, 2016

Penyebab anyang anyangan pada wanita dan cara mengobatinya

Anyang anyangan pada wanita - Mendengar istilah ini memang cukup aneh. Karena tak semua orang mengetahui istilah kedokteran untuk penyakit ini. Sebenarnya dalam istilah kedokteran dari penyakit anyang anyangan itu adalah infeksi saluran kemih. Jujur saya sendiri baru mengetahui istilah ini setelah membuat artikel ini.



Ketika mengelami anyang anyangan itu memang tidak nyaman. Sama sekali tidak nyaman. Bayangkan kita akan sering merasa ingin buang air kecil, namun saat buang air kecil keluarnya cuma sedikit, dan juga terasa sakit atau nyeri. Dan rasa ini akan sering terjadi.

Berikuta adalah 13 penyebab anyang anyangan pada wanita :

1. Kuman
Yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah kuman. Kuman yang masuk ke dalam saluran kemih bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan. Oleh sebab itulah jagalah kebersihan saat anda berkemih atau saat anda ke kamar mandi.
2. Chlamydia
Bakteri chlamydia merupakan salah satu bakteri yang bisa menyebabkan anyang-anyangan, Penyebab anyang-anyangan pada wanita yang disebabkan oleh Chlamydia sering kali terjadi. Hal ini karena, bakteri itu ada pada vagina wanita. Saat wanita terkena keputihan bakteri itu bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan wanita menjadi terkena keputihan.
3. Alergi
Pada pria anyang-anyangan bisa disebabkan oleh faktor alergi. Alergi itu bisa disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang adapada pasangannya setelah berhubungan intim. Pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan oleh pria agar tidak mengganggu aktivitas seksualnya bersama dengan pasangan.
4. Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab timbulnya anyang-anyangan adalah kurang menjaga kebersihan organ intim terutama sebelum dan sesudah berhubungan. Banyak pasangan yang sebelum melakukan hubungan seksual tidak membersihkan organ intimnya terlebih dahulu, begitu pula setelah berhubungan seksual. Hal itu bisa menjadi penyebab timbulnya anyang-anyangan.
Bakteri dan kuman yang ada di dalam organ intim bisa masuk ke dalam saluran kemih jika tidak dibersihkan terlebih dahulu. Akibatnya dua hari atau sehari setelah berhubungan baik pihak pria maupun wanita bisa terkena anyang-anyangan.
5. Struktur Organ Intim yang Tidak Normal
Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah struktur organ intim yang tidak normal. Struktur itu misalnya saja adalah refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan itu bisa memunculkan infeksi saluran kemih.
6. Gangguan Prostat
Prostat yang tergangggu fungsinya bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada pria. Hal itu dikarenakan prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
7. Diabetes
Salah satu yang bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah penyakit kronis seperti diabetes. Diabetes mellitus penderitanya akan mengalami anyang-anyangan yang timbul akibat reaksi dari penyakitnya tersebut. Orang yang mengalami diabetes mellitus akan merasakan ingin selalu buang air kecil meskipun urin yang dikeluarkannya hanyalah sedikit. Tidak hanya diabetes saja, saat kadar asam urat dan tekanan darah tinggi, orang tersebut bisa terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.
8. Dehidrasi
Dehidrasi juga menjadi penyebab seseorang yang mengalami anyang-anyangan, alasannya adalah saat orang dehidrasi dia akan memproduksi sedikit urin. Semakin dia membiarkan tubuhnya dehidrasi, produksi urin akan semakin sedikit dan menyebabkan dirinya menjadi sulit untuk berkemih. Orang yang dehidrasi juga akan merasakan ingin selalu buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan hanyalah sedikit. Jika sudah begitu, anyang-anyangan pun bisa menyerang orang yang terkena dehidrasi tersebut.
9. Kehamilan
Orang yang sedang hamil tua biasanya akan mengalami anyang-anyangan. Penyebab anyang angan pada wanita ini adalah pada saat usia kandungan membesar kandungan itu akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil atau berkemih. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih sedikit, jika kantung kemih itu tertekan maka ibu hamil bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.
10. Uretra Lebih Pendek
Wanita yang memiliki uretra lebih pendek bisa terkena anyang-anyangan, penyebabnya adalah kuman dan bakteri bisa langsung masuk ke saluran kemih melalui uretra yang pendek tersebut.
11. Alat KB
Efek dari penggunaan alat KB adalah rasa ingin buang air kecil secara terus menerus, terutama jika alat KB tersebut berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim wanita. Selalu kontrol alat KB anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan.
12. Menopause
Menopause bisa menyebabkan wanita terkena anyang-anyangan. Penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan seseorang menjadi terkena infeksi saluran kemih.
13. Batu Ginjal
Batu ginjal yang dialami oleh pria dan sedikit wanita bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi. Batu ginjal itu bisa menekan saluran kemih sehingga rasa ingin berkemih terus-terusan namun tidak bisa dikeluarkan semua dikarenakan tersumbat dengan adanya batu ginjal tersebut.

Sebagai cara untuk mengatasi anyang Anyangan ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan dan praktekkan di rumah. Diantaranya:

Minum banyak air


Hal ini akan sangat bermanfaat jika sobat mengalami anyang anyangan yang dikarenakan dehidrasi. Selain bermanfaat mengatasi anyang anyangan, minum air putih yang banyak juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

cara mengatasi anyang anyangan

Dengarkan Gemericik Keran

Jika sobat merapa bagian bawah pusar sobat keras, itu bertanda bahwa air kencing di kandung kemih penuh, namun karena suatu hal tidak bisa keluar sehingga keluar sedikit sedikit, sobat bisa melakukan hal sederhana berikut, masuk lah ke kamar mandi lalu nyalakan keran kecil saja, dengarkan gemericik alirannya hal ini bisa merangsang untuk berkemih. Tapi bila ayah sobat mengalami pembesaran prostat hal ini tidak akan berhasil dilakukan, segera bawa ayah sobat ke dokter.

Minum daun kumis kucing

Bahan yang perlu sobat sediakan antara lain daun kumis kucing yang sudah dikeringkan dan gula jawa secukupnya. Cara untuk membuat ramuan ini adalah dengan menyeduh kumis kucing layaknya sobat menyeduh teh. Lalu tambahkan gula jawa pada seduhan tadi. Ingat ya, menggunakan gula jawa bukan gula putih, karena gula putih dapat mengurangi efek manfaat dari kumis kucing.

Minum jeruk nipis dan gula pasir

Bahan yang perlu sobat sediakan tentunya jeruk nipis dan gula pasir secukupnya. Cara membuat dengan memeras jeruk nipis tadi. Lalu perasan jeruk nipis di taruh di gelas dan di kasih air hangat kemudian tambahkan gula pasir secukupnya, aduk dan siap diminumkan.

cara mengatasi anyang anyangan

Periksa ke dokter

Jika cara mengatasi anyang anyangan di atas dengan menggunakan ramuan tradisional tidak juga terjadi perubahan yang lebih baik, maka sobat harus segera datang ke tenaga medis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian artikel yang bisa saya tulis hari ini. Semoga apa yang saya sampaikan kepada Anda dapat memberikan manfaat bagi anda semua. Dan saya harap anda tetap mengikuti update artikel - artikel di blog ini.


Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive