Sunday, March 6, 2016

Manfaat Ikan Sembilang Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan sembilang bagi kesehatan manusia. Ikan sembilang mungkin belum familiar bagi sebagian masyarakat. Namun dari bentuknya ikan ini mempunyai kemiripan dengan ikan lele, hanya saja habitat ikan ini di air asin sedangkan lele di air tawar. Ikan ini lebih sulit di temukan oleh para nelayan karena merupakan ikan yang pemalu, sehingga saat ada pergerakan dari manusia ikan ini langsung bersembunyi di antara batu karang.


Ikan sembilang memiliki nama latin Plotosus caniusmerupakan salah satu jenis spesies ikan yang hidup di perairan estuaria, yaitu laut dangkal di daerah pesisir pantai yang dangkal dan berlumpur. Ikan ini hanya hidup di perairan dengan kedalaman antara 1 sampai 10 meter. Ikan ini tidak mempunyai sisik seperti halnya ikan lele dan juga memiliki kumis atau sungut yang mirip dengan ikan lele. Sungut (maxillary barbel) di bagian paling tepi hampir mengenai sirip dan patil di kiri dan kanan tubuhnya. Sungut berfungsi sebagai alat peraba untuk merasakan kehadiran mangsanya, terutama pada waktu malam dan pada saat di air yang keruh.

Ikan sembilang yang ada di perairan indonesia terdapat dua jenis, yaitu ikan sembilang karang yang mempunyai ciri-ciri belang-belang hitam dan putih, dan yang satu lagi adalah ikan sembilang yang persis dengan lele. Beda ikan lele dengan sembilang terletak pada jumlah patilnya, kalau di lele Cuma ada di dua siripnya yaitu kanan dan kiri, sedangkan pada ikan sembilang mempunyai tiga buah patil, yaitu dua di sirip kanan dan kiri dan satu di bagian punggung dekat kepala.

Ikan ini merupakan jenis ikan predator yang panjangnya bisa mencapai 134 cm. Makanan ikan ini adalah jenis ikan laut yang memiliki ukuran lebih kecil darinya dan juga hewan-hewan yang hidup di dasar laut yaitu hewan-hewan kelompok gastropoda, moluska dan krustasea. Dari hasil penelitian, organisme yang ditemukan dalam saluran pencernaan ikan ini terdiri atas lima jenis yaitu potongan kepiting, udang, ikan, cacing, dan keong, sehingga ikan sembilang dapat digolongkan sebagai ikan karnivora.  Pola pertumbuhan ikan sembilang bersifat isometrik, artinya pertumbuhan panjang seiring dengan pertumbuhan bobot.  Ikan dewasa dapat hidup sendiri atau dalam kelompok kecil.

Ikan sembilang merupakan ikan yang berbahaya karena ikan ini dapat menyengatkan racun apabila anda berkontak langsung dengannya. Racun dari ikan ini terdapat pada ketiga patilnya. Apabila anda terlanjur terkena patil yang mengandung racun ini maka efeknya wajah anda akan pucat dan anda akan merasa panas di sekujur tubuh disertai susah tidur. Walaupun kelihatanya racunnya begitu ganas, namun racun pada ikan ini biasanya hanya bertahan 1 x 24 jam saja, paling lama sampai 3 hari 3 malam setelah itu korban yang terkena racun ikan ini akan sembuh dengan sendirinya.

Cara penanganan pertama saat anda terkena patil ikan ini adalah dengan merendam luka anda ke dalam air hangat selama 30 sampai 90 menit. Atau anda dapat mengobatinya dengan biji asam polong atau asam jawa. Belah biji asam menjadi dua bagian.  Sebaiknya di belah, bukan di potong.  Artinya kita membuat biji asam menjadi dua bagian, lonjong bukannya setengah lingkaran.  Kemudian bagian sebelah dalam biji asam ditempelkan pada liang/luka sengatan ikan sembilang. Sebaiknya ditempelkan sesaat setelah kita disengat ikan sembilang, bukan setelah sakitnya mulai parah, itu akan membuat proses penyembuhan jadi lambat.

Ikan sembilang merupakan salah satu jenis ikan laut yang mempunyai banyak kandungan gizi di antaranya adalah mengandung banyak protein, fosfor dan asam lemak omega 3. Kandungan karbohidrat dan lemak pada ikan ini cukup rendah sehingga tidak membuat anda menjadi gemuk. Sama seperti halnya ika laut lainnya ikan sembilang ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Menyuburkan Kandungan Wanita

Tak setiap pasangan suami istri mudah dalam mendapatkan keturunan. Mungkin penyebabnya dari pihat istri kurang subur pada kandungannya. Dengan mengkonsumsi ikan ini di percaya dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. Orang-orang pada jaman dahulu sudah banyak yang membuktikannya dan kebanyakan mendapatkan hasil yang baik. Jadi tidak ada salahnya anda yang sekarang sulit mendapatkan keturunan untuy mencobanya.

2. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi para wanita tamu bulanan sering membuat anda merasa sakit pada perut. Nah dengan mengkonsumsi ikan sembilang ini di percaya dapat mengurangi rasa nyeri saat tamu bulanan anda tengah datang.

3. Menyehatkan Jantung

Pada sebagian besar ikan laut mempunyai kandungan omega 3 yang cukup tinggi, tak terkecuali pada ikan sembilang ini. Adanya kandungan omega 3 tersebut membuat ikan ini sangat baik bagi kesehatan jantung anda. Karena dapat mengatur detak jantung lebih stabil dan menjauhkan resiko serangan jantung.

4. Menurunkan Tekanan darah Tinggi

Masih tentang kandungan asam lemak omega 3, kandungan ini yang membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mencegah Penggumpalan Darah

Manfaat lain yang di dapatkan dari asam lemak omega 3 adalah mencegah terjadinya penggumpalan darah. Karena jaringan protein yang dihasilkan membantu pekerjaan fibrinogen. Yakni dalam proses pembentukan benang-benang fibrin untuk menutup luka.

6. Pembentukan Sel Otak

Manfaat yang paling penting dari kandungan omega 3 ikan ini adalah membantu pembentukan jaringan otak. Sudah banyak pembuktian ilmiah yang mengulasnya. Salah satunya dalam acara ISSFAL (International Society for the Study of Fatty Acids and Lipids) yang diadakan di Stockholm. Bahwa sebagian besar jaringan otak berasal dari rangsangan Omega 3.

Mereka juga menganjurkan untuk pemberian omega 3 untuk anak-anak. Gunanya untuk merangsang perkembangan dan pertumbuhan sel otak. Penelitian membuktikan bahwa anak yang dirangsang dengan pemberian minyak ikan (kandungan omega 3) memiliki memori (mengingat) lebih bagus.

7. Mengurangi Artherosklerosis

Adanya bintil-bintil dalam pembuluh darah sangat berbahaya. Hal ini dapat menjadi pemicu jantung koroner (PJK).  Penyumbatan di pembuluh tersebut biasa disebut Arterosklerosis. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi Omega 3 yang ada di dalam ikan.

8. Mengurangi Kolesterol Tinggi

Sudah merupakan hal yang sangat umum apabila orang tua atau yang sudah berusia lanjut memiliki kolestrol tinggi. Hal ini termasuk salah satu penyakit degenerative. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dgn mengkonsumsi asam linoleat yang ada dalam ikan. Asam tersebut termasuk salah satu jenis lemak yang essensial yang baik bagi tubuh. Tubuh akan mengolahnya menjadi omega 3 yang baik untuk mengurangi kolesterol. Anda juga bisa mengkonsumsinya demi menjaga dan mengontrol kolesterol dalam darah.

9. Pertumbuhan Anak

Ikan sembilang ini kaya akan protein yang bagus untuk pertumbuhan anak. Salah satu nutrisinya adalah Leusin yang membantu untuk pertumbuhan dan pembentukan otot. Sehingga makanan ini cocok untuk menu makan yang anda hidangkan bagi buah hati anda.

10. Membantu Proses Pencernaan

Memakan ikan merupakan bentuk sayang anda terhadap sistem pencernaan anda. Karena  proses mencerna saat makan ikan tidak lama, Sehingga pengolahanya untuk metabolisme tubuh lebih cepat. Nutrisi yang terkandung juga lebih cepat diserap dan digunakan tubuh.

Nah itulah manfaat ikan sembilang bagi kesehatan tubuh kita, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi ikan sembilang yang lezat dan kaya manfaat ini. Selamat menikmati dan semoga kita di berikan kesehatan aminn.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive