Saturday, March 12, 2016

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Mungkin banyak di antara kita yang belum tau tentang buah plum, apa lagi manfaat dari buah plum ini. Buah ini kurang di kenal masyarakat umum karena populasinya yang sedikit dan juga di kenal memiliki harga yang cukup mahal, sehingga buah plum kurang banyak di minati oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Konon katanya buah plum yang mahal ini awal mulanya dari negara china. Namun pada perkembangannya buah plum ini mulai tersebar di eropa dan amerika.  Plum dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Eropa-Asia, Jepang dan juga Damson. China adalah penghasil plum yang utama dan pertama, setelah itu disusul negara Amerika Serikat, Serbia dan juga Rumania. Negara penghasil plum di negara Amerika adalah California.


Banyak dari ahli gizi yang menyarankan mengkonsumsi buah plum segar karena buah ini banyak sekali mengandung antioksidan alami yang sangat baik bagi kesehatan. Beberapa kandungan vitamin dari buah ini adalah Vitamin yang ada di dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan juga vitamin B-6. Buah plum ini juga mengandung asam askorbat dan asam folat. Selain itu semua buah plum juga mempunyai kandungan mineral yang penting bagi tubuh anda yaitu fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng. Buah plum juga di kenal sebagai sumber serat yang baik untuk pencernaan anda.

Dari beberapa kandungan di atas maka di simpulkan bahwa manfaat bmengkonsumsi buah plum ini bagi kesehatan anda adalah sebagai berikut :

1. Sumber Antioksidan Alami

Sudah di ungkapkan di atas buah ini mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda dan melindungi anda dari radikal bebas. Dengan mengkonsumsi buah ini otomatis anda akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit yang berbahaya.

2. Terhindar dari Obesitas

Buah plum di percaya dapat mencegah dan mengobati obesitas. Penelitian telah di lakukan menunjukkan bahwa mengkonsumsi bua plum dapat membantu untuk memerangi sindrom metabolik dgn menghubungkan keberadaan senyawa bioaktif. Flavonoid dan senyawa fenolik seperti anthocyanin, asam klorogenat, quercetin dan catechin yang ada di dalam buah plum dapat memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak dan juga membantu mencegah masalah yang berhubungan dengan obesitas, seperti gangguan kolesterol , diabetes dan penyakit kardiovaskular.

3. Mencegah Osteoporosis

Beberapa kandungan Flavonoid seperti asam caffeic dalam buah plum membantu menghambat kerusakan jaringan tulang, sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis pada wanita pasca menopause. Polifenol bersama dengan kalium dalam plum kering akan mendorong pembentukan tulang yang kuat, dengan meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium . Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi plum kering secara rutin akan membantu pemulihan massa tulang yang berkurang akibat penuaan . jadi dengan rajin mengkonsumsi buah plum ini tulang anda akan kuat sampai tua nanti.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah Plum merupakansalah satu sumber serat yang sangat baik bagi pencernaan anda. Dengan kandungan senyawa sorbitol dan isatin akan membantu mengatur sistem pencernaan. Menurut penelitian yang sudah di lakukan, buah plum kering lebih efektif apabila di gunakan untuk  mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit, jika dibandingkan dengan obat lain seperti psyllium. Sorbitol dan isatin mengandung efek pencahar, yang mendorong sekresi cairan dalam usus dan meningkatkan pembilasan efisien limbah melalui usus besar. Jadi bagi anda yang sering mengalami sembelit di anjurkan mengkonsumsi buah ini.

5. Kesehatan Kognitif

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa flavonoid yang ada di dalam jus plum efektif memberikan perlindungan terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Fitonutrisi yang menyehatkan dalam buah plum membantu mengurangi peradangan dalam proses neurologis. Jus ini juga dapat meningkatkan fungsi otak dan memori. Menkonsumsi plum secara teratur juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegenerative yang berkaitan dengan bertambahnya usia,  seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson .

6. Mencegah Diabetes

Buah Plum jika di konsumsi secara teratur dapat memberikan efek anti hiperglikemia dan membantu mencegah penyakit diabetes. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak plum dapat membantu menurunkan glukosa dalam darah dan tingkat trigliserida dalam tubuh. Flavonoid yang ada di dalam plum memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin, serta dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh . sehingga anda akan terhindar dari penyakit diabetes yang sangat berbahaya ini.

7. Menjaga Kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi plum secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda. Penelitian telah memberikan bukti yang pasti  bahwa mencukupi asupan rutin buah plum akan membantu mempromosikan fluiditas darah di arteri. Ini adalah efek perlindungan yang membantu mencegah berbagai macam jenis gangguan jantung, seperti pengembangan aterosklerosis dan membantu menjaga kesehatan jantung .

8. Mengandung Kadar kolesterol yang sehat

Buah plum kering dapat membantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia . Sebuah studi komparatif telah membuktikan kemanjuran plum atas anggur – mium jus plum dapat mempertahankan tingkat yang sehat plasma dan kolesterol hati. Kandungan serat yang hadir pada plum juga akan menambah efek pengurangan kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL ).

9. Meningkatkan sistem Saraf

Plum mengandung vitamin B6 yang akan membantu menguatkan sistem saraf, sehingga membantu  kelancaran fungsi sistem saraf . Plum juga membantu pertumbuhan otak normal, dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Triptofan, asam amino dalam buah plum membantu memproduksi neurotransmitter serotonin, yaitu yang bereran penting untuk tidur nyenyak, menambah nafsu makan dan meningkatkan  konsentrasi.

10. Mencegah Anemia

Lemah letih lesu merupakan gejala yang umum pada orang yang mengidap anemia. Dengan mengkonsumsi Buah plum yang mengandung zat besi dan tembaga ini dapat membantu pembentukan sel darah merah, serta memfasilitasi pembersihan dan sirkulasi darah yang sehat. Tembaga dalam plum juga akan bertindak sebagai antioksidan, dan sangat penting untuk kesehatan saraf dan membantu pembentukan kolagen. Konsumsi makanan yang tinggi tembaga seperti buah plum juga akan membantu penyerapan zat besi, dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoarthritis .

11. Meningkatkan kekebalan Tubuh

Di dalam buah ini mengandungan vitamin C yang tinggi, sudah kita ketahui bahwa vitamin ini bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh. Dengan demikian tubuh anda akan lebih kuat terhadap ancaman berbagai macam infeksi dan radang. Penelitian telah menunjukkan bahwa plum oriental memiliki imunostimulan, konstituen yang dapat mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, yang akan menghambat perkembangan sel tumor dan mencegah berbagai macam penyakit .

12. Menyembuhkan Influenza

Jenis buah Plum Jepang apabila anda konsumsi sangat efektif  memerangi infeksi yang disebabkan oleh virus influenza . Penelitian telah menunjukkan bahwa jus yang terkonsentrasi plum Jepang mengandung lektin molekul yang membantu menghambat dan mengobati infektivitas yang disebabkan oleh virus influenza.

13. Mencegah dan Mengobati Kanker

Ekstrak dari buah plum telah terbukti dapat di jadikan untuk membantu pengobatan kanker. Penelitian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa senyawa epicatechin dalam plum membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas, dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau kanker hati. Plum kaya akan antioksidan dan fitonutrien seperti asam klorogenat dan asam neo chlorogenic,  yang memiliki efek kuratif terhadap sel kanker pay*d*ra tanpa merugikan sel-sel normal yang sehat.

14. Mengurangi Depresi

Apabila anda mengkonsumsi plum secara rutin akan membantu mengurangi depresi. penelitian telah memberikan bukti yang mendukung mengenai efek anxiolytic dan sifat antioksidan asam chlorogenic dalam plum, dimana yang membantu menyembuhkan depresi dan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

15. Menyeimbangkan Elektrolit

Plum ini mempunyai kandungan kalium yang tinggi, kalium merupakan elektrolit penting bagi sel dan jaringan tubuh. Mengkonsumsi plum yang kaya kalium akan membantu kontraksi otot,  dan mengatur keseimbangan asam basa tubuh..

16. Menjaga Kesehatan kulit

Plum merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan juga antioksidan lain yang bermanfaat untuk menjaga kulit anda tetap sehat, berseri dan awet muda. Mengkonsumsi buah plum akan membantu mengurangi flek dan kerutan yang ada pada wajah yang biasanya muncul seiring dengan pertambahan usia.  Ekstrak plum juga banyak digunakan untuk berbagai macam produk perawatan kulit seperti paket cuci muka.

17. Mempercepat Pembekuan darah

Plum mengandung banyak vitamin K , yang mana vitamin ini berfungsi membekukan darah saat terjadi luka. Saat anda jatuh atau teriris, apabila anda sering mengkonsumsi buah ini maka darah anda akan lebih cepat berhenti, sehingga anda tidak akan kehilangan terlalu banyak darah. Selain itu Vitamin K ini juga berguna untuk menguatkan tulang anda.

18. Menyehatkan Mata

Plum mempunyai kandungan vitamin A dan beta karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula yang terkait usia. Karotenoid lutein dan zeaxanthin yang ada dalam plum akan memberikan perlindungan terhadap kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi sinar UV.

19. Obat kumur

Balsem Plum digunakan untuk pengobatan sakit gigi, sariawan, dan sakit gusi. Plum juga merupakan unsur yang efektif untuk pembuatan obat kumur, dan dapat membantu  menyembuhkan bau mulut serta meredakan sakit tenggorokan .

20 Baik Untuk Ibu hamil

Buah Plum dan berbagai jenis produk olahan dari buah plum juga bermanfaat untuk  kehamilan, karena banyak mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral. Senyawa-senyawa sehat dari plum sangat penting untuk kesehatan mata, perkembangan tulang dan jaringan sel dan kesehatan bagi ibu dan bayi yang sedang dalam pertumbuhan dirahim. Kandungan serat akan mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan. Memasukkan plum kedalam bagian dari diet seimbang akan membantu memerangi berbagai macam infeksi, dan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun kita harus waspada dalam memilih produk jus plum dipasaran, karena mungkin mengandung gula yang tinggi .

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Plum Yang Baik :

·         Jangan membeli buah plum yang memiliki tekstur lunak dan juga memar permukaannya.
·         Plum yang sudah Matang dan siap untuk dimakan akan terasa lunak jika di tekan sedikit,  dan sudah mengeluarkan bau yang harum.
·         Plum dapat disimpan di dalam lemari es, atau disimpan pada tempat yang tidak panas selama beberapa hari .

Efek samping :

Oksalat : Plum mengandung oksalat yang dapat terakumulasi dan mengkristal, dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti ginjal, empedu atau komplikasi kandung kemih. Sebaiknya bagi Orang yang sudah menderita kondisi tersebut harus menghindari mengkonsumsi buah plum .
Sulfit : Buah plum kering diberikan sulfit untuk mencegah oksidasi fenol, yang dapat menyebabkan warna buah berubah menjadi coklat gelap. Orang yang peka terhadap sulfit harus waspada makan buah plum,  karena mungkin dapat memicu reaksi alergi, termasuk anafilaksis parah.
Interaksi obat :
Tumor Karsinoid: Tumor karsinoid dapat meningkatkan jumlah serotonin dalam darah, dan buah Plum mengandung serotonin yang cukup tinggi. Mengkonsumsi buah plum sebelum dilakukan tes diagnostik tumor karsinoid, dapat menyebabkan hasil positif yang palsu.


Nah itulah beberapa ulasan singkat tentang manfaat buah plum bagi kesehatan kita, semoga bermanfaat.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive