Wednesday, March 16, 2016

Manfaat Oyong atau Gambas Bagi Kesehatan

 Manfaat oyong bagi kesehatan kita-jika kita menyebut oyong mungkin belum terlalu familiar khususnya di daerah jawa tengah. Tanaman oyong di sebut juga dengan gambas atau dengan nama latin Luffa Acutangula. Bentuk oyong lonjong menyerupai timun namun mempunyai kulit yang terbilang kasar.

Tanaman oyong hidum menjalar atau merambat pada pohon atau media yang ada di sekitarnya. Tanaman ini tergolong sangat mudah untuk di budidayakan khususnya di daerah pedesaan.


Tanaman oyong/gambas dapat memberikan efek kesehatan yang luarbiasa banyak karena mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang banyak seperti serat, vitamin dan mineral. Selain mengandung serat, gambas atau oyong juga mengandung beberapa senyawa kimia yang baik bagi kesehatan seperti saponin triterpen, luffein, citruline, cucurbitacin dan sebagainya. Kandungan kalorinya juga rendah, rata-rata hanya 19 kalori per 100 gram, karena mengandung banyak air.

Untuk mendapatkan banyak manfaat dari tanaman oyong atau gambas ini anda dapat menjadikannya sayur untuk menu makan anda. Nah berikut beberapa manfaat oyong atau gambas bagi kesehatan :

1. Menyembuhkan Penyakit asma

Dengan mengkonsumsi sayur oyong banyak orang yang percaya sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit asma. Mungkin memang asma anda tidak hilang hingga 100%, namun paling tidak dengan rajin mengkonsumsi sayuran hijau ini dapat mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asma seperti, sesak nafas, nafas terasa berat namun terasa pendek.

Cara pembuatan obat asma dengan oyong
Pertama gunakan oyong yang masih muda, biasanya ukuran oyong tidak begitu besar. Kemudian potong-potong dan blender seperti membuat jus. Tambahkan air dan gula secukupnya agar rasanya lebih enak. Minumlah jus oyong tersebut dua kali sehari sampai asma anda sembuh.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Tanaman ini bermanfaat dalam membantu melancarkan darah anda. Dengan lancarnya peredaran darah ini anda akan memperoleh beberapa manfaatnya seperti metabolisme dalam tubuh terjaga,meningkatkan Imunitas dan daya tahan tubuh, tidak mudah lemas, Suplai darah dan oksigen menjadi lebih lancar.

Dengan mengkonsumsi oyong ini anda tidak perlu lagi membeli multivitamin untuk melancarkan sirkulasi darah anda. Cara pengolahan oyong untuk melancarkan darah cukup mudah, yaitu anda cukup memasak sayur oyong ini dengan resep yang anda sukai, bisa dengan cara sayur bening atau juga bisa dengan santan.

3. Meningkatkan Produksi Asi

Bagi para ibu-ibu yang tengah mempunyai bayi dapat memanfaatkan sayur oyong untuk meningkatkan produksi asinya. Seperti halnya sayur katuk sayur oyong juga di percaya dapat meningkatkan produksi asi. Apabila anda sedang mempunyai bayi sebaiknya sering-sering saja memasak sayur oyong ini agar bayi anda tercukupi akan kebutuhan asi.

4. Mengobati Radang Usus

Dengan memanfaatkan oyong anda dapat mengobati radang usus, jadi alangkah baiknya jika anda membuat ramuan dari oyong ini terlebih dahulu sebelum pergi ke dokter. Cara membuat oyong menjadi obat radang usus cukup mudah yaitu pilihlah oyong yang tua, kemudian pangganglah oyong hingga kering. Setelah itu tumbuk oyong tersebut lalu seduh dengan air panas. Minumlah ramuan tersebut 1 sampai 2 kali sehari.

5. Pengobatan alami radang pada kelenjar telinga

Apabila  anda sekarang ini mengalami peradangan pada kelenjar telinga, anda mungkin dapat mencoba membuat obat dari bahan oyong dan di tambah dengan beberapa bahan berikut ini.
Cara pembuatannya pertama Potong kecil-kecil oyong, kemudian tambahkan dengan daun sambiloto yang sebelumnya telah di rajang. Kemudian Rebus oyong dan daun sambiloto hingga mendidih dan dinginkan. Setelah itu Minum air hasil rebusan 2-3 kali dalam sehari.

6. Mengobati penyakit cacingan

Cacingan dapat merugikan bagi anak anda karena nutrisi pada makanan yang di makan oleh buah hati anda tidak di serap tubuh namun di makan oleh cacing yang ada dalam perut, sehingga menyebabkan pertumbuhan anak anda kurang maksimal. Bagian dari tanaman oyong yang dapat anda jadikan obat penyakit cacingan adalah bagian bijinya.

Cara pembuatan obat cacingan.
Pertama pilihlah biji oyong yang berwarna hitam, kemudian Tumbuklah biji oyong hitam hingga halus. Lalu Seduh hasil tumbukan dengan air panas Minum larutan ini 1 kali dalam sehari hingga cacingan hilang.
Larutan ini dapat digunakan oleh dewasa maupun anak-anak. Jumlah bubuk biji oyong yang anda larutkan bervariasi, kira-kira 30 sampai 50 gr untuk mengobati cacingan.

7. Mengobati radang tenggorokan

Tanaman oyong ini juga dapat digunakan sebagai obat yang dapat membantu anda untuk meredakan radang pada tenggorokan. Apabila anda sekarang sedang mengalami radang pada tenggorokan, sebaiknya anda mencoba membuat obat dari tanaman oyong ini. Berikut cara pembuatannya:

Pertama pilihlah tanaman oyong yang masih muda lalu Cuci bersih oyong tersebut, lalu iris kecil-kecil dan blender, tambahkan air dan gula agar rasa lebih nikamat. Minumlah jus ini 2 sampai 3 kali sehari agar radang tenggorokan cepat sembuh.

8. Mencegah terjadinya penyakit diabetes

Apabila anda belum mengidap penyakit diabetes anda dapat mencegahnya dengan rajin mengkonsumsi sayur oyong ini. Dan bagi anda yang mempunyai kadar gula cukup tinggi anda dapat menurunkannya dengan membuat ramuan dari oyong ini. Oyong mempunyai kandungan senyawa cucurbitasin yang terkandung di dalam biji oyong yang di percaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Cara pembuatan obat untuk menurunkan kadar gula darah
Pertama Panggang oyong hingga kering, lalu tumbuk hingga halus, kemudian Larutkan bubuk oyong dengan air panas, lalu Minum larutan bubuk oyong tersbut 1 – 2 kali dalam sehari.


Demikian manfaat tanaman oyong atau gambas bagi kesehatan kita semoga bermanfaat bagi anda semua. Mulailah dengan menggunakan obat herbal, karena obat herbal lebih aman bagi kesehatan kita.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive