Saturday, March 5, 2016

Cara Membuat Baling-Baling dari Kertas Karton

Panduan cara lengkap membuat baling-baling dari kertas. Anak kecil biasanya menyukai mainan yang berwarna warni atau yang sekiranya lucu buatnya. Namun banyak sekali di antara mereka menyukai mainan yang sederhana seperti baling-baling dari kertas. Anda bisa membuat baling-baling ini dengan menggunakan kertas carton yang berwarna warni sehingga tampilannya lebih menarik.


Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan cara mudah membuat baling-baling dari kertas yang nantinya akan membuat anak anda senang. Cara kerja dari baling-baling ini cukup sederhana yaitu akan berputar apabila tertiup angin, ini hampir sama seperti halnya kincir angin. Untuk mengasah keterampilan anak anda, anda bisa membuatnya bersama mereka. Ini bertujuan meningkatkan syaraf motorik pada anak dan sangat di anjurkan. Oke langsung saja mari kita siapkan alat dan bahan untuk membuat baling-baling dari kertas ini.

Alat dan Bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :

·         1 buah penggaris
·         1 buah kertas warna ukuran besar
·         Pensil tulis
·         Pensil warna atau krayon
·         Jarum pentul
·         Lem
·         Gunting
·         Potongan Bambu

Langkah yang pertama anda lakukan adalah ambil kertas warna yang anda persiapkan tadi, kemudian buatlah persegi dari kertas tersebut dengan menggunakan penggaris dan pensil tulis. sebagai contoh persegi ukuran 20 x 20 cm. Namun ukuran persegi dapat anda tentukan sendiri semua sesuai selera anda, perlu di ingat bahwa semakin besar persegi yang anda buat maka semakin besar baling-baling yang anda dapatkan.


Setelah anda membuat persegi sesuai keinginan anda, langkah selanjutnya adalah menggunting bentuk persegi tersebut. saat proses pengguntingan ini apabila anda membuatnya bersama sang anak sebaiknya lebih di perhatikan, jangan sampai anak anda salah menggunting dan menyebabkan hal-hal yang tidak di inginkan terjadi pada anak anda.

Setelah persegi yang sudah anda buat jadi, langkah selanjutnya adalah membuat garis di tengahnya. Karena tadi saya membuat persegi ukuran 20 cm x 20 cm maka garis tengahnya adalah 10 cm. Buatlah garis horisontal dan vertikal di tengah persegi tersebut, saat menggunakan pensil untuk membuat garis jangan terlalu menekan, ini bertujuan agar garis tidak terlalu tajam sehingga mudah di hilangkan. Kalau terlalu tajam mengurangi kecantikan saat sudah jadi baling-baling.

Setelah anda membuat garis vertikal dan horisontal pada potongan kertas persegi tersebut, berilah warna dari empat bagian persegi yang ada di tengah dengan warna yang berbeda-beda, ini bertujuan untuk mempercantik baling-baling anda. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna atau krayon. Anda juga bisa membuat warnanya dengan menempelkan kertas warna pada masing-masing persegi tersebut. jadi pilihlah mana yang menurut anda lebih cepat dan mudah bagi anda. Setelah anda beri warna kurang lebih seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya adalah membuat garis lagi, namun tidak sama dengan yang anda buat di atas. Kali ini anda buat garis miring dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah dan juga dari pojok kanan atas ke arah kiri bawah.

Setelah anda membuat garis miring tersebut, guntinglah kertas sesuai garis miring yang telah anda buat tadi. Arah mengguntingnya dari pojok ke tengah, namun jangan terlalu mepet dengan titik tengahnya, berikan jarak kira-kira 3 cm dari titik tengahnya.

Setelah anda gunting di masing-masing pojok persegi tersebut, Untuk mempermudah langkah berikutnya saya akan memberikan angka di tiap bagian yang akan di lipat untuk membentuk baling-baling atau kincir angin. Yang saya beri angka menunjukkan urutan bagian bagian yang di akan anda lipat.

Langkah selanjutnya adalah melipat ujung yang telah saya beri angka di atas. Arah melipatnya ke tengah persegi, gunakan telunjuk anda untuk menahan lipatan tersebut dan pastikan bahwa ujung lipatan tersebut saling bertumpukan agar tidak lepas.

Nah pada tahapan ini baling-baling yang akan anda buat sudah mulai nampak, selanjutnya ambil jarum pentul yang sudah anda persiapkan tadi, kemudian tusuklah di tengah lipatan tadi sampai tembus ke belakang, pastikan semua ujung lipatan anda tertusuk jarum sehingga nanti tidak terlepas saat baling-baling berputar.

Langkah selanjutnya Letakkan suatu manik kecil pada ujung jarum (sisi tajamnya yang menusuk kertas). Jangan menggunakan manik yang besar. Manik itu akan membuat sisi yang lain yang menyebabkan putaran pada baling-baling dan menempel pada tongkatnya.

Pada tahap ini kincir anda sudah selesai anda buat, sekarang ambil potongan bambu untuk membuat tongkat baling-balingnnya. Ukuran panjangnya sesuai selera anda saja. Buatlah tongkat baling-baling seperti halnya membuat tusuk sate. Setelah anda selesai membuat tongkat tersebut, sekarang tahap akhir dari membuat baling-baling ini, yaitu menekankan jarum ke tongkat sampai menempel ke tongkat.


Apabila jarum tidak bisa menembus tiang dengan mudah, ketuklah sisi pentol jarum menggunakan palu dengan pelan-pelan. Tusukkan jarum sampai menembus tongkat. Jika memungkinkan, bengkokkan sisi jarum yang menembus tongkat tersebut.
Pastikanlah  jarum yang menjepit baling-baling cukup longgar sehingga baling-baling bisa berputar. Bila baling-baling Anda tidak berputar dengan lancar, tarik jarumnya serta tusukkan kembali pada tiang, dan dengan memberi jarak lebih lebar pada manik yang menempel pada tongkat.



Demikian cara membuat baling-baling dari kertas yang sangat mudah ini, semoga artikel singkat ini dapat membantu anda. Selamat mencoba dan salam sukses untuk anda.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive