Saturday, March 12, 2016

Manfaat Rumput Teki dan Pengolahannya menjadi Obat

Manfaat rumput teki untuk kesehatan-bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan mungkin sering kali menjumpai rumput teki ini. Bagi sebagian masyarakat tanaman yang satu ini merupakan salah satu rumput pengganggu, karena tanaman ini dapat menyerap unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman yang lebih penting.

Para petani di pedesaan menganggap rumput ini sebagai salah satu jenis gulma yang dapat mengganggu tanaman yang mereka tanam. Segala upaya telah di lakukan para petani ini untuk membasmi rumput ini, mulai dari mencabut hingga menggunakan obat semprot rumput. Namun apabila saat musim hujan tiba rumput teki akan tetap tumbuh subur.


Di balik mengganggunya tanaman ini ternyata rumput teki mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Mungkin sekarang ini belum banyak yang tau khasiat manfaat luar biasa dari rumput ini, karena belum banyak di kenal oleh masyarakat luas. Pada kesempatan ini saya akan bagikan sedikit pengetahuan tentang berbagai manfaat rumput teki bagi kesehatan kita.
Rumput teki atau yang memiliki nama ilmiah Cyperus Rotondus ini ternyata dapat di jadikan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Rumput teki ini ketika anda cabut akan ada semacam umbinya pada bagian batangnya, nah disitulah bagian dari rumput ini yang bisa anda jadikan sebagai ramuan obat herbal yang aman. Nah berikut manfaat dan cara mengolah rumput teki menjadi obat herbal :

1. Dapat Mengobati Kencing Batu

Salah satu penyakit yang bisa anda sembuhkan dengan menggunakan rumput teki ini adalah kencing batu. Penyakit kencing batu dapat terjadi karena adanya penggumpalan atau pengkristalan yang di sebabkan dari kotoran dan bakteri yang ada pada saluran kencing. Dengan memanfaatkan ubi rumput teki ini kita dapat membuat obat herbal untuk menyembuhkan penyakit ini.

Cara mengolah umbi rumput teki untuk mengobati kencing batu cukup mudah yaitu pertama anda siapkan beberapa umbi rumput teki ini, lalu bersihkan dari tanah yang menempel pada umbi rumput ini. Setelah anda cuci bersih tumbuk hingga halus lalu rebuslah dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian saring dan minum rebusan rumput teki tersebut 3 kali sehari sampai gejala kencing batu anda sembuh.

2. Memperlancar Haid yang tidak Teratur

Di jaman yang modern ini banyak wanita yang mempunyai gangguan saat datang bulan. Mungkin ini di sebabkan karena terlalu banyak aktifitas di kantor atau bisa juga karena stres dan pola makan yang tidak sehat. Nah bagi anda yang mengalami gangguan atau mengalami datang bulan yang tidak lancar anda dapat menggunakan rumput teki ini sebagai salah satu solusi untuk melancarkan siklus datang bulan anda. Cara pengolahannya menjadi obat herbal juga mudah yaitu sama dengan yang sudah saya sebutkan di atas anda Cuma membutuhkan batang atau umbi rumput ini.

3. Melancarkan Pencernaan

Apabila anda sering mengalami gangguan pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit anda bisa mengandalkan rumput ini untuk mengobatinya. Tidak Cuma itu rumput teki ini juga dapat menyembuhkan sakit perut seperti mual dan kembung. Cara pengolahannya masih sama seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Dengan mengkonsumsi ramuan ini anda akan terhindar dari sembelit yang biasanya menyiksa anda.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika jaman dahulu belum banyak obat atau antiseptik untuk luka, masyarakat banyak yang menggunakan rumput teki ini untuk mengobati luka ketika terjatuh atau teriris. Dengan menggunakan rumput ini maka luka baru akan lebih cepat kering. Dan juga cepat menghentikan darah yang mengalir. Cara penggunaannya cukup mudah anda tinggal mengambil rumput teki, kemudian bersihkan dan tumbuk lalu tempelkan pada luka. Setelah kering basuh dengan menggunakan air bersih.

5. Dapat Menambah Produksi ASI

Asi merupakan bagian penting dari tumbuh kembang anak anda, namun apabila produksi asi tidak banyak ini dapat mengurangi asupan asi pada anak anda. Nah untuk mengatasi produksi asi yang sedikit tersebut anda dapat menggunakan rumput ini. Cara mengolahnya sama seperti pengolahan untuk menyembuhkan kencing batu di atas. Dengan mengkonsumsi ramuan ini maka produksi asi anda akan melimpah, sehingga bayi anda tidak akan kekurangan nutrisi yang baik dari asi ini.

6. Menyembuhkan Berbagai penyakit Kulit

Apabila anda mempunyai penyakit kulit seperti panu mungkin akan membuat anda kurang percaya diri, apalagi panu yang ada pada bagian yang tidak tertutup. Nah sekarang anda tidak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan rumput teki ini untuk mengobati beberapa penyakit kulit di antaranya adalah eksim, panu, kutu air dan beberapa penyakiy kulit yang lainnya.

Cara pengolahannya menjadi obat penyakit kulit:
Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah cukup dengan merajang daun rumput teki. Lalu usapkan rajangan rumput teki tersebut. kemudian mengompres bagian kulit yang mengalami penyakit kulit hingga terasa dingin dan lakukan berulang kali hingga penyakit kulit tersebut sembuh.

7. Dapat Mengobati Keputihan

Masalah yang umum di alami oleh sebagian besar wanita adalah keputihan. Sudah hal yang lumprah bahwa keputihan dapat menyebabkan rasa gatal dan bau tidak sedap pada miss V. Kalau di biarkan terlalu lam keputihan juga dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius di antaranya adalah kanker. Untuk mencegah penyakit yang lebih berbahaya sebaiknya anda segera menyembuhkan keputihan ini. Dengan menggunakan ramuan rumput teki ini anda akan terhindar dari yang namanya keputihan. Cara pengolahannya menjadi obat keputihan sama dengan cara yang sudah saya sebutkan di atas.

8. Obat anti Nyamuk Alami

Hampir sama dengan halnya bunga lavender dan kulit jeruk, ternyata nyamuk juga tidak suka dengan aroma dari rumput teki ini. Anda dapat membuat pasta untuk mencegah gigitan nyamuk dari rumput teki ini. Cara pembuatannya cukup mudah yaitu tumbuk umbi beserta daun rumput teki kemudian oleskan pada bagian tubuh anda yang ingin di lindungi dari gigitan nyamuk yang mengganggu.

9. Menurunkan Demam

Dan manfaat rumput teki yang terakhir adalah untuk menurunkan demam dan panas. Masih sama seperti di atas bagian yang anda gunakan untuk membuat ramuan iini adalah umbinya.
Cara pembuatannya pertama ambil umbi rumput teki kemudian bersihkan dan tumbuk hingga halus. Lalu setelah dihaluskan, umbi dari rumput teki dapat anda campur dengan sedikit air, lalu kompreslah ramuan tersebut pada orang yang mengalami panas dan juga demam. Dengan begitu, maka panas akan segera turun.


Demikian ulasan tentang berbagai manfaat rumput teki bagi kesehatan kita. Mulai sekarang lebih jelilah menganggap tanaman yang sepele dan di anggap gulma yang mengganggu, karena ternyata rumput yang kelihatannya sama sekali tidak ada gunanya mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk kita. Semoga uraian singkat tersebut bermanfaat bagi anda semua.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive