Monday, March 7, 2016

Manfaat Kacang Kapri bagi Kesehatan


Manfaat kacang kapri bagi kesehatan kita. Pernahkah anda memakan sup atau sambal goreng?? Tentunya pasti sudah kan, nah biasanya saat mengkonsumsi sup atau sambal goreng kita akan menjumpai kacang kapri ini. Memang sudah sangat umum kacang ini di golongkan menjadi salah satu jenis sayuran.

Kacang kapri mempunyai nama ilmiah pisum sativum yang merupakan golongan dari suku polong-polongan. Tanaman kacang kapri ini mempunyai tinggi sekitar 3,5 m dengn daun yang berbentuk menyirip. Tanaman ini mempunyai bunga yang berwarna putih. Kacang kapri dapat tumbuh subur di iklim tropis seperti yang ada di indonesia.


Ada dua jenis kacang kapri yang umumnya dikonsumsi.  Jenis kacang kapri yang pertama adalah Snow Pea.  Jenis kacang kapri ini memiliki biji yang pipih.  Jenis ini merupakan kelompok dari budidaya Axiphium dan sangat populer di Indonesia.  Jenis kacang kapri yang kedua adalah Snap Pea.  Snap Pea adalah jenis kacang kapri yang memiliki bentuk bulat dan merupakan kelompok dari budidaya macrocarpum.

Kacang kapri mempunyai kandungan gizi yang sangat luar biasa banyak, yang membuatnya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat kesehatan apabila kita mengkonsumsi kacang kapri ini :

1. Mencegah peradangan
Kacang kapri ini mengandung  senyawa anti radang. Kacang kapri menjadi makanan yang sangat disarankan dikonsumsi untuk mencegah radang. Senyawa anti radang kacang kapri juga mampu menyembuhkan penyakit asma. Kacang kapri juga menyembuhkan radang pada sendi atau yang disebut asam urat.

2. Meredakan flu
Kandungan vitamin C yang ada di dalam kacang kapri mampu meningkatkan sistem kekebalan  tubuh untuk memerangi virus flu yang menyerang.

3. Mencegah anemia
 Kacang kapri mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh, dengan demikian tubuh anda akan terhindar dari penyakit anemia.

4. Mencegah kanker
 Kacang kapri juga mengandung betakarotin yang cukup tinggi. Betakarotin ini berfungsi untuk mencegah timbulnya sel-sel kanker dalam tubuh.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin B  yaitu riboflavin dalam kacang kapri dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga memungkinkan anda tidak gampang sakit.

6. Mencegah osteoporosis
Kandungan vitamin K  yang ada di dalam kacang kapri, dapat memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Apabila anda rutin mengkonsumsi kacang ini maka anda akan mendapatkan tulang yang kuat.

7. Menjaga kesehatan kulit
manfaat vitamin B yang terkandung dalam kacang  kapri juga membantu menjaga kesehatan kulit. Riboflavinnya juga mempu menyehatkan rambut.

8. Menjaga kesehatan syaraf
Kandungan niacin dalam kacang kapri berfungsi untuk menjaga koordinasi syaraf agar tetap baik.

9. Menyehatkan mata
Kacang kapri juga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Manfaat Kacang Kapri Untuk Kehamilan
Telah kita ketahui bahwasanya ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi untuk menjaga kesehatan dirinya dan kesehatan janin yang dikandungnya. Ibu hamil juga tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan, namun kacang kapri dapat disajikan secara sehat untuk ibu hamil.

10. Membantu pertumbuhan tulang janin
Kacang kapri memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Kandungannya ini membuatnya mampu mencukupi kebutuhan vitamin K pada ibu  hamil, yang sekaligus membantu pertumbuhan tulang pada janin. Vitamin K juga banyak ditemui pada manfaat kacang merah.

11. Mencegah rusaknya DNA
Manfaat vitamin C  yang  terkandung dalam kacang kapri mampu mencegah rusaknya DNA dalam tubuh. Dengan demikian ibu hamil yang mengkonsumsi kacang kapri dapat mencegah terjadinya kelahiran cacat pada janin.

12. Mengoptimalkan pertumbuhan jantung janin
 Kandungan asam folat pada kacang kapri sangatlah bagus untuk dikonsumsi ibu hamil agar janin yang dikandungnya memiliki jantung yang sehat.

Manfaat Kacang Kapri Untuk Diet
Selain enak dan gurih kandungan kacang kapri yang sangat baik bagi ibu hamil ini, juga baik bagi orang yang sedang diet.

13. Cemilan saat diet
 Kacang kapri memiliki serat yang tinggi serta kadar kalori yang sedikit, sehingga kacang kapri merupakan alternatif cemilan yang sehat untuk yang sedang menjalani diet. Selain kacang-kacangan, manfaat buah buahan seperti apel, strawberry dan anggur dapat menjadi cemilan diet yang lezat.

14. Menjaga sistem pencernaan tubuh
Kesehatan pencernaan sangat penting untuk menunjang program diet, karena kacang kapri mengandung vitamin niacin. Hal ini sama dengan manfaat buah pepaya untuk melancarkan pencernaan.

15. Memberi asupan energi tubuh
Kacang kapri juga mengandung karbohidrat yang dapat memasok energi untuk tubuh. Hal ini cukup membantu saat menjalani program diet, sebagai pengganti manfaat nasi yang memasok karbohidrat.

Demikian ulasan singkat tentang berbagai manfaat kacang kapri bagi kesehatan kita. Nah mulai sekarang jadikan kacang kapri menjadi menu andalan dirumah, agar anda dan keluarga tetap sehat.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive