Monday, February 8, 2016

Cara Memasak Gurame Asam Manis Paling Enak

Cara memasak gurame asam manis yang super enak bisa anda buat sendiri dirumah. Gurame merupakan salah satu ikan yang banyak sekali di gemari oleh masyarakat. Menu ikan gurami juga bisa anda temui mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran besar yang terkenal.

Ikan gurame merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar, dan sudah sangat umum di budidayakan para peternak ikan. Daging Ikan gurami mempunyai rasa yang gurih dan lezat dan juga mempunyai banyak manfaat.


Ikan gurami bisa anda masak dalam beberapa varian, namun kali ini saya akan membagikan resep cara memasak gurame asam manis. Karena menu memasak gurame bakar ataupun goreng tepung sepertinya sudah sangat biasa di masak di seluruh restoran dan warung-warung pinggir jalan.

Nah bagi anda yang kebetulan sependapat dengan saya dan ingin memasak gurame asam manis ini saya akan berikan resep dan cara memasaknya. Mungkin dengan membuat menu baru ini keluarga anda akan lebih betah makan dirumah, dan juga bisa buat kejutan kepada keluarga tercinta.


Oke deh yuk kita cap cus langsung saja ke tema memasak gurame asam manis ini. Pertama siapkan bahan-bahannya sebagai berikut :

Bahan :
·         1 kg ikan gurame segar
·         4 siung bawang putih. Tumbuk halus.
·         ½ sdm garam
·         ½ sdm merica bubuk.
·         Tepungkanji 1 ons.
·         Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.
·         Jahe sebesar 1 jari.

Bahan membuat saus asam manis :

·         1 sdm tepung kanji, cairkan dengan sedikit air
·         1 sdm margarin
·         3 sdm saus tomat
·         300 cc kaldu
·         ½ sdt cuka makan
·         2 sdm gula pasir
·         1 maggi blok
·         1 buah wortel, diiris seperti korek api
·         1 btg daun bawang diiris serong

Proses memasak ikan gurame asam manis

Langakah pertama ambil ikan dan bersihkan isi dalam perut dan sisik ikan. Untuk membersihkan sisik ikan, anda bisa menggunakan sendok makan atau pisau tajam. Setelah itu cuci dengan air bersih kemudian sisihkan terlebih dahulu.

Langkah berikutnya kita buat bumbu untuk melumuri ikan gurame tersebut. bumbunya cukup dengan bawang putih yang sudah di tumbuk halus kemudian tambahkan merica dan garam 1 sdm dan juga tambahkan tepung kanji.

Setelah anda melumuri ikan gurame dengan bumbu di atas, goreng ikan gurame tersebut dengan jumlah minyak yang banyak, usahakan sampai ikan tenggelam atau ter apung. Goreng sampai berwarna kecoklatan. Setelah itu letakkan di piring ukuran besar.

Proses selanjutnya kita akan buat saus asam manisnya. Cara pembuatanya pertama ambil 1 sdm tepung kanji, cairkan dengan sedikit air. Tambahkan margarin 1sdm, 3 sdm saus tomat, 300 cc kaldu, ½ sdt cuka makan, 2 sdm gula pasir, 1 maggi blok, 1 buah wortel, diiris seperti korek api, 1 btg daun bawang diiris serong. Masak sebentar bahan yang sudah anda campu ini kemudian siramkan ke ikan gurame yang telah anda goreng tadi. Nah jadi deh ikan gurami asam manis ini.

Demikian cara memasak ikan gurame asam manis yang bisa saya sampaikan. Apabila ada salah-salah kata saya minta maaf sebanyak-banyaknya. Selamat mencoba dan semoga keluarga anda dapat menikmati hasil dari usaha keras anda. Good luck.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive