Saturday, February 13, 2016

Cara Ampuh Menghilangkan Goresan Pada Kaca Mobil Dengan Mudah

Cara menghilangkan goresan pada mobil yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Goresan yang ada pada mobil kita sering membuat kita jengkel terutama pada saat malam hari, goresan ini akan menambah silau saat kita berpapasan dengan mobil lain. Goresan pada kaca mobil bisa terjadi karena kotoran yang menempel pada kaca mobil kemudian tersapu oleh wiper, nah pada proses ini mengakibatkan goresan di kaca.

Banyak orang berpendapat saat hujan kotoran pada kaca mobil akan hilang saat di sapu oleh wiper, padahal saat hujan ini kotoran akan berjatuhan di kaca dan di sapu wiper membuatnya ada goresan pada kaca.


Goresan pada kaca mobil dapat sangat mengganggu pengelihatan anda apabila terus di biarkan, karena goresan makin lama akan semakin banyak. Goresan ini juga membuat mobil anda terkesan kusam dan kotor tak terawat.

Apabila pada kaca mobil anda terdapat goresan yang sekiranya belum terlalu dalam atau parah, anda dapat menghilangkannya dirumah tanpa perlu repot-repot ke bengkel.

Dilansir situs resmi Toyota, Rabu 17 Juni 2015, bahan yang diperlukan adalah cerium oxide atau bubuk poles kaca yang banyak dijual di toko. Lalu, siapkan pula amplas halus dan polish pad. Siapkan pula bor dan pasangkan polish pad pada alat bor. Peralatan terakhir adalah semprotan air, lap chamois, selotip, dan koran bekas.

Langakah pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan permukaan kaca dengan air dan di lap. Lihat pada bagian kaca yang tergores, kemudian gosok dengan amplas halus berlawanan arah goresan, misalkan goresan horisontal anda menggosoknya arah vertikal.

Apabila anda sudah menyelesaikan mengamplas, bersihkan lagi dengan air dan di lap. Jangan lupa menyelotip pinggiran kaca agar bodi mobil tidak tergores atau terciprat cairan poles saat Anda membersihkan kaca. Anda juga bisa menutupi bodi mobil dengan koran bekas.

Setelah anda selesai menutup body mobil, sekarang saatnya mencairkan bubuk poles kaca dengan air bersih. Perhatikan ketika mencampur bubuk poles dengan air, tuangkan air sedikit demi sedikit agar tidak kebanyakan air dan membentuk pasta yang pas. Campuran yang terlalu cair dapat membuat proses pemolesan lebih lama karena sifat abrasive pada bubuk semakin rendah.

Selanjutnya oleskan campuran bubuk poles di atas pada backing pad yang terpasang di alat bor. Seandainya Anda tidak memiliki alat bor, Anda bisa melakukannya dengan manual, yaitu menggunakan tangan dan memoles kaca dengan gerakan memutar.

Perhatian dan himbauan, ketika memoles kaca, jangan terus-menerus memoles di satu bagian sedangkan yang lain hanya Anda lewati sebentar. Lakukan gerakan melingkar dengan rata ke seluruh kaca mobil. Berikan sedikit penekanan saat memoles bagian kaca yang tergores.

Saat memoles kaca, sebaiknya Anda juga menyiramkan air ke kaca mobil, hal ini bisa menghindarkan kaca mobil bergelombang atau bahkan retak terkena panas gesekan bubuk poles dan amplas.

Anda dapat menambahkan bubuk cerium oxide jika goresan di kaca masih terlihat dan cairan poles hampir habis. Poleslah dengan teliti hingga tak terlihat bekas goresan tadi. Jika sudah bersih, lap lagi kaca mobil menggunakan lap chamois sehingga kaca mobil berkilau bagaikan kaca baru.

Selain cara di atas ada beberapa cara yang lebih mudah untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil anda.

1.menggunakan pasta gigi

Pasta gigi dapat anda jadikan bahan untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil, asalkan goresan pada mobil tidak terlalu dalam.
Caranya : ambil sedikit pasta gigi lalu usapkan pada kaca, kemudian gosok dengan kain halus.

2.Menggunakan amonia

Caranya : Campurkan 3 cangkir / 1/2 liter air dengan 1/2 ons / 15ml amonia. Celupkan kain pembersih yang lembut ke dalam cairan tersebut. Gosokan kain pada goresan dengan gerakan memutar. bersihkan sisa amonia pada benda kaca Anda lalu ulangi seperlunya hingga goresan memudar.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan goresan pada mobil yang dapat mengganggu pandangan dan tampilan mobil anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil, apabila dirasa kurang memuaskan atau goresan pada kaca mobil terlalu dalam hubungi bengkel kesayangan anda.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive