Wednesday, April 20, 2016

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Agar Uang Di Kembalikan

Cara membatalkan tiket kereta api agar uang yang telah anda bayarkan dapat kembali. Apabila anda bepergian dengan kereta api biasanya anda akan memesan tiket kereta api jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan anda. Mungkin karena kalau terlalu mepet takutnya tiket sudah kehabisan. Namun kekurangan dari membeli tiket jauh-jauh hari terkadang kita tidak jadi pergi ke tempat yang telah di rencanakan. Saat anda mengalami kejadian seperti itu biasanya anda akan sedikit kebingungan bagaimana cara agar uang anda dapat kembali dengan cara membatalkan tiket kereta api tersebut.


Nah bagi anda yang ingin membatalkan tiket kereta api tersebut, saya akan bagikan sedikit pengetahuan saya cara membatalkannya.

Pertama, apabila anda membeli tiket kereta api tersebut via on line atau di indomaret/ alfamart maka anda harus terlebih dahulu mencetak tiket di ajungan cetak tiket mandiri ( CTM ) yang terdapat pada stasiun.


Untuk mencetak tiket dengan mandiri ini cukup dengan mengisi kode booking di komputer touchscreen yang tersedia lalu search maka akan muncul nama orang yang pesan tiket. Selanjutnya tinggal klik cetak maka tiket akan segera tercetak di printer yang telah disediakan. Kalau bingung tanya saja sama petugas atau satpam yang ada di sekitar lokasi CTM ini.

Berdasarkan pengetahuan saya saat baca di situs resmi kereta api ada beberapa persyaratan untuk membatalkan tiket kereta api di antaranya adalah sebagai berikut :

1. waktu pembatalan tiket kereta api dilakukan maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api yang tertera di dalam tiket, jika anda membatalkan lebih dari batas waktu yang di tentukan maka tiket di anggap sudah hangus.

2. Tempat pembatalan tiket kereta api hanya bisa di lakukan di stasiun yang sudah di tentukan. Berikut beberapa stasiun yang dapat di jadikan tempat pembatalan tiket kereta api :
Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran Rantauprapat.
Padang. Cirebon, Cirebon perujakan, Jatibarang, Brebes.
Tegal, Pekalongan, Semarang poncol, Semarang tawang, Cepu,
Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Cilacap,
Yogyakarta,Solobalapan, Lempuyangan,
Madiun, Kediri, Jombang, Kertosono
Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang.
Serang, Rangkasbitung, Jakartakota, Gambir, Pasar Senen, Bogor,Bekasi, Cikampek.
Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar
Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Bojonegoro, Malang, Mojokerto, Blitar.
Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan.

3. Saat pengembalian uang, anda akan di kenakan potongan sebesar 25 % dari harga pembelian tiket.

4. Diperlukan surat kuasa apabila proses pembatalan tidak dilakukan sendiri oleh nama orang yang tertera dalam tiket.

5. Jangan lupa bawa fotokopi identitas diri bisa berupa SIM atau KTP. Atau kalau lewat surat kuasa maka foto kopi identitas kedua belah pihak.


Setelah anda mengetahui beberapa persyaratan untuk membatalkan tiket kereta api, langkah selanjutnya anda menuju ruang customer service. Sebelum masuk jangan lupa ambil nomor antrean ya agar tertib. Setelah anda di panggil serahkan foto kopi KTP dan tiket yang telah anda cetak. Kemudian anda akan di beri formulir pembatalan tiket, nah pada langkah ini anda isi dulu formulirnya ya,, apabila ada yang kurang jelas silakan tanya pada petugas.


Disini anda akan di jelaskan kalau proses pengembalian uang dilakukan sekitar 30 hari dari tanggal pembatalan dan ditanyakan apakah uang akan diambil secara tunai langsung atau via transfer bank.

Setelah anda selesai mengisi formulir, selanjutnya anda menuju loket penjualan tiket karena secara administratif pengembalian uang dilakukan disini. Sekali lagi untuk menuju loket penjualan tiket kita juga mesti mengambil nomor antrian kembali seperti layaknya di bank atau pelayanan umum lainnya. Setelah menunggu beberapa menit anda akan di panggil, kemudian anda menyerahkan formulir yang telah anda isi tadi. Nah selesai deh cara membatalkan tiket tersebut, anda tinggal menunggu sekitar 30 hari kedepan sampai uang anda di kembalikan.

Kalau berdasarkan pengalaman teman saya, apabila anda memilih pengembalian uangnya via bank transfer lebih lama, sehingga lebih baik di ambil secara manual di stasiun yang bersangkutan. Dan juga seperti yang tertera dalam persyaratan pembatalan, uang anda akan kena potongan 25 % dari jumlah yang anda keluarkan saat membeli tiket.


Demikian ulasan cara membatalkan tiket kereta api agar uang anda dapat di kembalikan yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua.
Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive