Friday, December 25, 2015

Persiapan Kehamilan : Pertanyaan Yang Paling Sering Di Ajukan Seputar Persiapan Kehamilan

1. Apa Saja yang dilakukan untuk mempersiapkan kehamilan?


persiapan kehamilan harus direncanakan sebelum masa kehamilan itu sendiri.Ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan selama masa persiapan kehamilan :






.Ubah gaya hidup

sebelum merencanakan kehamilan,buatlah daftar mengenai hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

.Pantau Berat Badan  
Berat tubuh berlebih atau kurang dapat mempengaruhi kesuburan, lakukan olah raga teratur dan makan makanan bergizi seimbang untuk menjaga berat badan.kurangi makanan olahan dan makanan tinggi lemak dan gula.

jika mengkomsumsi makanan bergizi seimbang.
tidak diperlukan vitamin tambahan. tetapi jika membutuhkan suplemen, pastikan suplemen tersebut cocok untuk wanitayang sedang merencanakan kehamilan.karena suplemen vitamin umum seringkali mengandung vitamin A yang dapat membahayakan dalam dosis yang terlalu tinggi.

.Penggunaan Obat .

Konsultasikan penggunaan obat bila sedang merencanakan kehamilan.karena beberapa  obat dapat menurunkan tingkat kesuburan.begitu juga bila baru-baru ini menggunakan alat kontrasepsi.jika baru-baru ini  mengkonsumsi pil,biarkan tubuh menyesuaikan diri dulu selama beberapa bulan sebelum merencanakan kehamilan.jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter.

.Libatkan suami

Selain calon ibu,pola hidup sehat juga wajib dilakukan oleh calon ayah.jadi,libatkan suami agar kehamilan sehat yang diharapkan lebih mudah terwujud.

.Hindari stress.

Gaya hidup modern seringkali membuat stress.
Tubuh dan pikiran yang rileks akan memperbesar
kesempatan terjadinya konsepsi.

.Tetap Rileks

Tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang penting untuk merencanakan kehamilan.jangan selalu mengasosiasikan hubungan suami istri sebagai usaha untuk mendapatkan bayi. Hal itu akan menumpuk tekanan.Lakukan dan nikmati semuanya tanpa tekanan.

.Persiapan Keuangan

Dalam persiapan kehamilan, persiapan keuangan juga menjadi faktor yang sangat penting selama maupun sebelum masa kehamilan. karena selama proses kehamilan hingga nanti proses persalinan tentu saja dibutuhkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya.selama masa kehamilan asupan gizi melalui suplemen maupun susu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kondisi tubuh calon ibu maupun membantu tumbuh kembang janin.Tentu saja hal ini akan sangat menguras keuangan.terlebih ketika masa persalinan tiba,biaya tentu saja akan jauh lebih besar baik itu untuk biaya persalinan maupun untuk perawatan ibu dan bayi setelah masa persalinan .

.Makanan dan Minuman sehat

Makanan dan minuman sehat yang mengandung vitamin dan mineral , termasuk vitamin C ini penting untuk menghasilkan sperma yang sehat. Dorong suami untuk makan makanan dengan kandungan zinc tinggi seperti makanan laut ,daging ,telur ,dan roti gandum, yang baik untuk kesuburan.kurangi minuman berkafein.

2. Apa Saja Manfaat dari Pola Hidup Sehat dalam Menjaga Kehamilan?


Gaya hidup tidak sehat selama kehamilan sangat
membahayakan perkembangan bayi sebelum dan setelah melahirkan . juga menghancurkan kesehatan ibu. karena itu,penting untuk memahami manfaat pola hidup sehat selama kehamilan.
      Berikut adalah pola hidup sehat dalam
menjaga kehamilan.

.Menghindari keguguran dan kelahiran prematur

perlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan
janin karena merokok , minum minuman keras dan penyalahgunaan zat dapat menyebabkan kelahiran prematur.Namun,keguguran dan kelahiran prematur tersebut dapat dicegah dengan pola hidup sehat selama kehamilan.

.Menyelamatkan ibu dan bayi dari infeksi

Kebiasaan yang tidak sehat seperti obat terlarang dapat mengganggu kekebalan dan kemungkinan
infeksi,anemia,darah, dan jantung , infeksi kulit ,hepatitis dan penyakit menular lainnya.
terjadinya infeksi diibu akan ditransfer ke janin yang akan mempengaruhi perkembangannya.Menjadi sehat ,jauh dari kebiasaan mengerikan dan menjaga kebersihan menyelamatkan ibu dan bayi dari infeksi.

.Menurunkan resiko cacat lahir bayi baru lahir

Wanita hamil yang terbiasa minum minuman keras lebih cenderung melahirkan bayi dengan sindrom
alkohol janin [FAS] ,suatu kondisi yang mencakup cacat yang serius seperti kelainan bentuk wajah,masalah jantung ,keterbelakangan mental,berat lahir rendah dan tingkat kelahiran rendah.menanamkan pola hidup sehat dengan tidak merokok,narkoba dan alkohol juga mengurangi resiko cacat kelahiran ini.

.Menurunkan resiko ketergantungan narkoba nanti dalam kehidupan anak

Kecanduan narkoba selama kehamilan genetik dapat mentransfer kebiasaan yang sama kepada anak.oleh karena itu, menghindari kecanduan narkoba dapat menurunkan resiko ketergantungan narkoba nanti dalam kehidupan anak.

3.  Hal-hal Apa Saja yang Harus Dihindari dari pola Hidup Sehat?


     Untuk menjalankan hidup sehat itu tidak mudah,
karena harus menghindari makanan yang lezat.Sebab kebanyakan makanan lezat yang dibuat secara instan dan diolah sedemikian rupa banyak melibatkan bahan kimia yang bisa merugikan bagi kesehatan jangka panjang.

     Dikehidupan yang serba cepat dan instan ini, memang sulit untuk terlepas dari yang namanya bahan kimia dalam makanan yang tidak sehat.Tergantung bagaimana cara untuk mensiasatinya .ingat,karena hal ini demi masa tua nanti.Hal-hal yang harus di hindari agar kita hidup dengan sehat,diantaranya sebagai berikut;

.Makanan gorengan

Minyak sayur yang diproduksi di pabrik biasanya berasal dari tanaman rekayasa genetika yang banyak diobati dengan pestisid.Tidak seperti  mentega atau minyak kelapa,minyak sayur ini tidak dapat diekstraksi hanya dengan pressing atau dipisah secara alami.jadi harus menggunakan bahan kimia untuk memprosesnya .Minyak yang digunakan untuk memasak harus cukup stabil dan tidak berubah ketika dipanaskan hingga suhu tinggi.minyak sayur yang tidak baik bagi kesehatan adalah yang bisa mengubah kolesterol baik menjadi kolesterol jahat karena terjadinya oksidasi.Ketika memasak menggunakan minyak nabati tak jenuh ganda,maka kolesterol teroksidasi akan masuk kedalam tubuh.minyak yang dipanaskan akan bercampur dengan oksigen, dan akan berubah menjadi tengik.Tengik ini adalah karena minyak teroksidasi , dan tidak boleh dikonsumsi,karena akan mengarah langsung kepada penyakit pembuluh darah.Lemak Trans adalah minyak yang berubah setelah digunakan untuk menggoreng ,yang meningkatkan resiko penyakit kronis seperti kanker payudara dan penyakit jantung.

Gunakan mentega atau minyak kelapa yang merupakan 100 Persen minyak jenuh untuk menggoreng ,
karena lebih stabil ketika dipanaskan pada suhu tinggi. hal ini justru akan lebih baik bagi kesehatan tubuh,dibandingkan minyak sayur yang dipanaskan.

.Kurangi Minuman Memiliki Kandungan Gula

Gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh,yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan melarutkan mineral berharga dari tubuh.Makan terlalu banyak gula setiap hari bisa menyebabkan ketidakseimbangan biokimia dalam tubuh.jika makan gula setiap kali pagi ,siang dan malam,maka tubuh akan selalu berada dalam keadaan kacau dan rawan penyakit.Gula sebenarnya adalah anti nutrisi,yang artinya akan melarutkan nutrisi dari tubuh.

Karena gula adalah anti nutrisi,maka gula juga dapat menyebabkan kalsium bisa hilang bersama urin.Akibatnya akan digantikan oleh kalsium yang diambil dari tulang , yang mengarah ke osteo porosis.gula yang dibuat dengan mengandung banyak bahan kimia sebagian besar ada pada makanan olahan,jadi memang hampir mustahil untuk menghindarinya.cara terbaik adalah mengurangi makanan manis,terutama dari makanan atau minuman olahan .sebisa mungkin,gunakanlah hanya pemanis yang dibuat secara alami.Dampak negatif konsumsi gula secara berlebih ,
diantaranya;

a.Dapat memicu diabetes
b.Gula dapat membuat mudah lelah
c.Gula merusak ginjal
d.Gula dapat membahayakan jantung
e.Gula menekan sistem kekebalan tubuh
f.Gula merusak gula
g.Gula memicu gigi berlubang

.Hindari Makanan yang Mengandung Pengawet

Beberapa bahan pengawet yang sangat dilarang dan berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia,antara lain;

a.Asam Borat, atau yang sering disebut dengan borak.Borat dapat  menyebabkan kerusakan ginjal.Borak merupakan Bahan antiseptik lantai dan bahan untuk las.
b.Asam Salsiat,yang biasa digunakan untuk pengawet
c.Kloramfenikol,merupakan salah satu antibiotik yang disalahkangunakan sebagai pengawet udang segar penggunaan antibiotik yang tidak rasional akan berdampak terjadinya resistensi pada pengobatan
d.Formalin, sebenarnya digunakan sebagai pengawet mayat tetapi disalahgunakan sebagai pengawet makanan.

.Hindari Minuman Beralkohol
 Berikut efek negatif mengkonsumsi minuman beralkohol ;
a.Gangguan mental organik[GMO]
b.merusak daya ingat
c.Oedema otak
d.Sirosis hati
e.Gangguan jantung
f.Gastrinitis
g.Paranoid
h.Keracunan atau mabuk

.Hindari merokok

Bagi perokok beranggapan bahwa dampak merokok hanyalah akan mengganggu pernapasan.padahal dampak lain yang sebenarnya tidak diketahui oleh para perokok bahwa rokok akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan ats seseorang.Mereka yang merokok sering merasa tidak nyaman diperut, mudah kenyang dan kembung.Rokok juga menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan atau refluks yang mencetuskan penyakit GERD.Belum lagi rokok juga dapat merusak gusi serta gigi geligi.

.Makanan kaleng

Makanan kalengan mengandung BPA yaitu bahan kimia beracun yang terkait dengan kelainan reproduksi,efek neurologis ,diabetes,penyakit jantung dan resiko tinggi kanker payudara dan kanker prostat.Makanan kaleng yang sangat asam,seperti tomat kalengan menyebabkan BPA larut ke dalam makanan .Bila memungkinkan ,usahakan memperoleh makanan dari bahan yang segar.

.Pemanis Buatan

Aspartam dari pemanis buatan akan membentuk metanol dalam tubuh .Metanol ini akan dibawa ke otak  dan sumsum tulang,yang kemudian akan diubah menjadi formaldehida yang merusak DNA.Banyak produk olahan yang menggunakan pemanis buatan.
diantaranya adalah minuman bersoda .jika perlu pemanis,gunakan yang alami seperti madu,gula aren,gula merah  dan sebagainya.

.Daging Olahan

Kebanyakan daging olahan biasanya dibuat dari daging hewan yang tidak dibesarkan dengan cara yang ramah lingkungan .Maksudnya hewan tersebut diberi hormon pertumbuhan,antibiotik dan obat-obatan lain.Daging merah juga diobati dengan natrium nitrit[yang menambahkan warna dan rasa] ,zat yang akan diubah oleh tubuh menjadi nitrosamine atau bahan kimia penyebab kanker.Kebanyakan daging olahan juga mengandung berbagai bahan kimia yang mempromosikan kanker lainnya,seperti HCA,PHA, dan AGE.carilah hanya daging segar dari hewan yang dibesarkan dengan cara alami, misalnya sapi lokalyang hanya diberi makan rumput.

.Margarin

Margarin sarat  dengan lemak trans,radikal bebas,pengemulsi, dan bahan pengawet.Semuanya dapat menyebabkan penyakit jantung ,kanker,masalah tulang,ketidakseimbangan hormon,penyakit kkulit,infertilitas, dan banyak masalah kesehatan lainnya.Sebaliknya , mentega yang dibuat dari sapi yang makan rumput kaya akan asam linoleat terkonjugasi,yang membantu untuk melawan kanker dan diabetes.

.Memakan Buah-buahan Secara langsung

Sesungguhnya mengkonsumsi buah-buahan segera setelah makan akan menyebabkan terisinya perut dengan udara .oleh karena itu ada baiknya untuk tidak memakan buah-buah sebelum satu atau dua jam setelah makan ,atau bisa juga satu jam sebelum makan,untuk menurunkan obesitas.

4.Makanan Apa Saja yang bisa meningkatkan kesuburan.

      Makanan dibawah ini yang dapat dipertimbangkan
untuk meningkatkan tingkat kesuburan;
. konsumsi produk Susu

Perbanyaklah komsumsi produk susu, baik susu itu sendiri.yogurt ataupun keju. produk susu merupakan sumber protein tinggi yang bisa meningkatkan kesuburan.jika alergi terhadap susu sapi, bisa digantikan dengan susu kedelai yang sama mengandung protein tinggi.

.Daging Merah

Daging adalah sumber protein utama.diperlukan untuk sumber tenaga juga berfungsi untuk pertumbuhan .Hal ini penting untuk dikonsumsi karena akan meningkatkan kemampuan untuk menyuburkan kandungan maupun sperma.penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi lebih mungkin untuk menderita kemandulan dibandingkan mereka yang kebutuhan zat besinya tercukup.

kandungan zat besi dalam daging merah amat mampu menurunkan resiko kemandulan yang timbul dalam proses ovulasi.Zat besi membantu meningkatkan sel darah merah juga mengurangi ancaman anemia.Daging merah juga mendukung ovulasi dan efisien mempertahankan pembelahan sel.

.Konsumsi Kacang Hijau dan Kecambah.

jenis makanan kacang-kacangan ini mengandung protein yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita karena membantu untuk meningkatkan ovulasi.Asam lemak Omega-3 dan asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon juga terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian ini.
 kacang hijau banyak mengandung vitamin E yang dapat membantu meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Vitamin E merupakan antioksida yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas,juga dappat melindungi sel-sel telur dari kerusakan akibat serangan radikal bebas tersebut.kecambah juga mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu nutrisi untuk mengatur hormon reproduksi.

.Minumlah Teh

Teh dapat digunakan sebagai ganti oksidan dan juga sebagi zat yang dapat mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh.perlu diketahui oksidasi dapat merusak sel-sel di dalam tubuh, dan tah diharapkan dapat menjadi penangkal kerusakan sel-sel tesebut .

.Konsumsi Madu
Madu merupakan obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.zat yang terkandung di dalamnya sangat mudah untuk dicerna dalam darah sehat.fitalitas tubuh kita menjadi kuat bila sel-sel  darah yang ada dalam tubuh kita sehat.

. Konsumsi serat

Serat yang banyak terdapat dalam sayuran dan gandum akan baik bagi peningkatan kesuburan.

. Konsumsi Kurma

Serbuk kurma ini merupakan salah satu obat alternatif yang sangat aman untuk membantu mengatasi pasangan suami istri yang belum juga di karuniai keturunan.

. Konsumsi Ginseng

ginseng dapat memperbaiki fungsi hormon metabolisme tubuh. Hormon Testoteron juga dapat di bentuk oleh ginseng yang di minum, sehigga dapat di gunakan sebagai Afrodisiak.

- Jahe Dan Lengkuas.

Sineol merupakan zat yang terkandug di dalam jahe. Zat ini berfungsi sebagai pencegah ejakulasi dini, merangsang ereksi, dan dan melancarkan peredaran darah. Demikian juga dengan lengkuas yang memiliki fungsi sama dengan jahe.

- Konsumsi vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam metabolisme kalsium di jaringan reproduksi. Sebaiknya konsumsi vitamin D sebanyak 4000 IU per hari. Vitamin D ini di dapatkan melalui sinar matahari pagi, telur, minyak ikan, ikan tuna, atau salmon dan susu yang di perkaya vitamin D.

- Kentang pangggang.

Kentang panggang mengandung vitamin B yang sangat tinggi. Kaungan vitamin B dan E di temukan dalam makanan ini, yang juga bisa meningkatkan pembelahan sel serta meningkatkan peluang produksi ovum yang sehat.

- Buah dan Sayuran

Kandungan vitamin c yang tinggi amat membantu mencegah sperma menggumpal, menjamin potensi dan meningkatkan kualitas sperma.Tingkatkan pasokan gizi harian dengan mengkonsumsi Kiwi, mangga, strowbery, atau grape fruit.

Buah dan sayuran adalah sumber gizi yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Selain membuat badan menjadi lebih segar, konsumsi buah dan sayur secara teratur akan menjadikan fungsi tubuh yang terkait dengan fungsi reproduksi akan bekerja lebi baik lagi. Sesungguhnya sayuran dan buah selain kaya vitamin, mineral dan nutrisi juga kaya anti oksidan dan fitomikimia yang dapa membantu menghilangkan radikal bebas. Pilihlah sayuran yang berwarna cerah karena disitu terdapat kanduga nutrisi yang lebih banyak. selain semua anti oksidan yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, sayuran ini juga kaya dengan zat besi.


Zat besi sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi menjadi seimbang. Banyak wanita yang kekurangan zat besi cenderung memiliki menstruasi yang tidak teratur. Ketika wanita mengalami gangguan pa siklus menstruasi mereka, maka kecenderungan mudah hamil menjadi sulit untuk di dapat. Bila tidak suka sayuran, cobalah mulai saat ini untuk memasukan sayuran pada menu harian, sehingga dapat meningkatkan kadar zat besi secara siknifikan. Memakan sayuran dan buah segar setiap hari menjadi salah satu makanan penyubur kandungan yang telah terbukti.

- Kacang Brazil

Makanan ini benar - benar bisa membantu meningkatkan jumalah sperma. Kaya akan selenium, kacang Brazil terkenal menigkatkan hommon Testosteron serta kinerja Testis.

- Bawang Putih

Bawang putih dapat meningkatkan kesuburan.

- Minyak ikan

Salmon, mackerel, dan sarden bisa sangat membantu menjadi sehat dan subur. Minyak ikan mengandung asam lemak esensia ( EFA ) yang membantu meningkatkan sirkulasi darah keselurh sistem reproduksi dan meningkatkan pembentukan kualitas sperma.

- Cabai

Memakan masakan cabai benar - benar membuat gairah meningkat. Dengan mempercepat aliran darah kedaerah reproduksi, Cabai sangat bisa meningkatkan keampuhan produksi dan kualitas sperma.


Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive