Thursday, January 14, 2016

Cara Menghilangkan Lingkar Gelap/Kantung Mata

Lingkaran gelap yang ada pada mata terkadang membuat kita kurang percaya diri, terlebih apabila ini terjadi pada wanita. Mungkin bisa di bilang seperti kuntil anak yang ada di film-film umumnya, hahha ha. Tapi anda tidak perlu khawatir karena lingkar hitam tersebut bisa di hilanghan dengan bahan-bahan alami.

Sebelum kita bahas cara menghilangkannya kita cari tahu dulu penyebab utama di balik pembentukan lingkaran litam tersebut. Umumnya lingkaran hitam bisa terjadi karena faktor keturunan, kulit kering, terlalu lama menangis, bekerja dalam waktu yang cukup lama di depan komputer, stres mental atau fisik, kurang tidur dan diet yang tidak sehat.


Baik pria maupun wanita dapat memiliki lingkar hilam pada mata di usia yang berbeda-beda mungkin tergantung kondisi kulit masing-masing. Lingkar gelap pada mata bukanlah merupakan masalah kulit yang berbahaya namun bila ini terjadi pada anda mungkin akan membuat anda akan terlihat kelelahan, tidak sehat dan juga lebih tua.

Anda dapat dengan mudah menghilangkan lingkar gelap pada mata ini dengan bahan-bahan alami yang aman, dan anda juga dapat melakukannya dirumah. Berikut beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan lingkar hitam pada mata anda:

1.Mentimun

Dalam dunia kecantikan buah mentimun sudah sangat umum di gunakan untuk perawatan wajah. Karena mentimun ini mempunyai zat yang dapat menyegarkan dan menyehatkan kulit.

Cara penggunaannya

Potong mentimun segar menjadi irisan tebal dan dinginkan dalam lemari es selama 30 menit. Letakkan irisan ke area lingkaran hitam mata anda selama sekitar 10 menit. Cuci dengan air. Ulangi dua kali sehari selama sekitar satu minggu atau lebih. Atau cara lainnya adalah dengan mencampur jus mentimun dengan air jeruk nipis dalam jumlah yang sama. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan campuran pada lingkar hitam kulit anda. Biarkan selama 15 menit dan kemudian mencucinya dengan air. Lakukan pengobatan ini setiap hari selama setidaknya satu minggu.

2. Kentang mentah

Ada zat pemutih alami yang terkandung dalam kentang yang dapat membantu meringankan lingkaran gelap dan menyingkirkan bengkak di sekitar mata.

Cara penggunaannya

Parut satu atau dua kentang mentah untuk mendapatkan airnya. Rendam bola kapas dalam air kentang tersebut dan letakkan di mata dalam keadan tertutup. Pastikan juga air tersebut mencakup lingkaran hitam di bawah mata Anda serta kelopak mata. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas kelopak mata Anda dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu. Cara yang lebih simpel anda juga dapat melakukannya hampir sama dengan mentimun yaitu dengan membuat irisan tebal kemudian letakkan di lingkar mata anda dan diamkan kurang lebih 10 menit.

3. Air Mawar

Air mawar memiliki bahan yang luar biasa untuk perawatan kulit. Air Ini dapat meremajakan kulit dan memiliki efek menenangkan pada mata lelah. Karena sifat zat ringan, ia juga bekerja sebagai toner kulit yang baik.

Cara penggunaanya

Rendam bantalan kapas dengan air mawar kemudian tempelkan di bagian lingkar hitam mata dan biarkan selama lima belas menit. Ikuti obat ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

4. Tomat

Tomat memiliki sifat pemutihan yang dapat mencerahkan kulit dan menyehatkannya.

Cara penggunaannya

Campurkan satu sendok teh jus tomat dengan setengah sendok teh air jeruk nipis. Kemudian oleskan campuran ini pada lingkaran hitam dan diamkan kurang lebih selama 10 menit. Bilas dengan air. Ikuti obat ini dua kali sehari selama beberapa minggu. Apabila tidak ada jeruk nipis anda dapat menggunakan jus tomat saja.

Anda juga bisa minum segelas jus tomat dengan beberapa daun mint, air jeruk nipis dan garam. Untuk hasil yang maksimal, pastikan untuk minum jus ini segera setelah membuatnya. Minum sekali atau dua kali sehari selama sekitar satu minggu.

5. Air jeruk Nipis

Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, berkat sifat pencerah kulit.

Cara penggunaanya

Gunakan bola kapas untuk mengoleskan air jeruk nipis segar di sekitar mata Anda. Biarkan selama sekitar 10 menit dan bilas. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu.
Pilihan lain adalah untuk membuat pasta tebal dengan mencampur satu sendok makan air jeruk nipis, dua sendok makan tomat haluskan, sejumput tepung gram (besan) dan bubuk kunyit. Oleskan pasta tebal ini di sekitar mata Anda. Bilas dengan air bersih setelah 10 sampai 15 menit. Ulangi dua atau tiga kali setiap minggu.
Catatan: Jika air jeruk nipis menyebabkan rasa terbakar atau perih hentikan penggunaannya.

6.Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah obat alami yang efektif untuk meringankan lingkaran gelap. Karena memiliki sifat pelembab minyak kelapa juga dapat membuat kulit halus, mencegah keriput dan garis-garis halus di bawah mata.

Cara penggunaannya

Cukup oleskan beberapa minyak kelapa extra-virgin di daerah lingkar gelap mata. Biarkan selama tiga puluh menit, dan kemudian mencucinya. Ulangi dua sampai tiga kali sehari selama beberapa bulan atau sampai Anda puas dengan hasilnya.

7.Teh Celup

Kafein dan antioksidan yang terkandung di dalam teh sangat bermanfaat untuk menyamarkan lingkaran hitam serta bengkak di bawah mata dengan cara mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi retensi cairan.

Cara penggunaannya

Dinginkan dua bekas kantong teh hijau atau hitam dalam lemari es selama sekitar setengah jam. letakkan kantong teh di bagian lingkar hitam mata dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu Lepaskan kantong teh dan mencuci muka. Ulangi sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu.
Catatan: Hati-hati dengan bungkus tes yang sudah bocor dapat menyebabkan kelilipan pada mata Anda.

8.Kompres Dengan Handuk dingin

Kompres dingin dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah mata dan juga membantu dalam mengurangi kantung mata dan lingkaran hitam mata anda.

Cara penggunaannya

Rendam kain lap dalam air dingin atau susu dingin. Letakkan di kelopak mata dalam keadaan tertutup selama beberapa menit.
Atau  Anda dapat membungkus beberapa es batu di kain lembut dan tempatkan di bawah mata Anda selama beberapa menit. Lakukan dua kali sehari selama beberapa minggu.

9.Kunyit

Kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meminimalkan lingkaran hitam. Hal ini juga akan membuat kulit di sekitar mata Anda halus dan lembut.

Cara penggunaannya

Campur dua sendok teh setiap bubuk kunyit dengan jus nanas untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke daerah lingkar mata anda yang hitam. Biarkan selama sekitar 10 menit kemudian bersihkan dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari sampai Anda mendapatkan hasil yang di inginkan.

10. Minyak Almond

Minyak almond adalah bahan alami yang sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Minyak almond ini juga dapat memudarkan lingkar hitam pada mata anda. Selain minyak almond, Anda juga dapat menggunakan minyak vitamin E untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Cara penggunaannya

Sebelum tidur, oleskan minyak almond sedikit di atas lingkaran hitam mata anda dan pijat dengan lembut. Biarkan minyak almond selama semalam. Keesokan paginya, bersihkan dengan mencucinya dengan air dingin. Lakukan setiap hari sampai lingkaran hitam mata anda menghilang.

Tips tambahan

·         Agar tidak muncul lingkaran hitam pada mata anda, tidur dan istirahatlah yang cukup.
·         Hindari mengucek mata Anda terlalu keras atau terlalu sering karena menyebabkan pembuluh darah membesar, sehingga membuat lingkaran bagian bawah mata terlihat lebih gelap.
·         Hapus make-up sebelum tidur atau yang lain karena dapat menyebabkan niritasi pada mata Anda.
·         hindari paparan sinar matahari dengan memakai topi atau payung.
·         Minum banyak air putih setiap hari untuk menyingkirkan retensi air.
·         Memperhatikan pola makan  Anda dan makan makanan yang kaya vitamin A, C dan E.
·         Berhenti merokok dan membatasi alkohol dan konsumsi kafein. Karena merokok dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit. sedangkan alkohol dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi kulit halus di sekitar mata.

Demikian ulasan singkat tentang cara menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

Blog Archive

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive