Wednesday, October 29, 2014

Kenapa Blog Harus Memakai Captcha?


Bagi yang belum mengetahui apa itu captcha, yuk mengenal capctha dulu. Tapi seorang blogger pasti tak perlu dijelaskan sudah tahu, apalagi sudah lihat gambar teratas, hehe. Seperti dalam screenshoot, fungsi captcha adalah untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot.

Capctha juga tidak hanya ada pada kolom komentar blogspot saja, tapi pada isian data yang membutuhkan authentication bahwa Anda yang menuliskan benar-benar seorang manusia yang berakal, haha. Misalnya pada saat kita bikin email, untuk mengkonfirmasi data kita wajib memasukkan captcha.

Kenapa sih blog harus pasang capchta segala

Memang sih bagi blogger pemula captcha itu sepertinya kurang berguna. Bahkan hanya mengganggu orang yang hendak berkomentar. Apalagi tulisannya itu yang bikin ruwet, banyak orang yang urung menulis komentar gara-gara susah masukin kode capchta meskipun sekarang kombinasi kodenya berupa angka, lebih mudah.

Namun bagi blogger yang blognya sudah ramai pengunjung captcha ini sangat membantu sekali mengusir komentar spam dari robot. Setidaknya komentar spam sedikit terkurangi meskipun masih bisa dibobol komentar spam yang manual. Bahkan memasang captcha WAJIB dilakukan untuk blog dengan pengunjung ribuan.

Sebenarnya tidak harus dan tidak wajib. Capctha itu hanya alat untuk mengurangi komentar dari robot yang hanya membuat spam. Meskipun demikian komentar spam manual harus melalui sistem keamanan lapis kedua yaitu moderasi komentar dan secara manual pula dicek.

Jadi, mulai sekarang hargailah blog yang dipasang capctha, karena kemungkinan blog itu banyak komentar sampahnya. Saya sendiri ada beberapa blog yang menggunakan capcay dan sebagian lagi tidak. Bagaimana dengan blog kamu?

Share:

0 comments:

Post a Comment

blog ariel

lazada

ariel adyatna. Powered by Blogger.

Labels